PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung Tahun Ajaran 2017)

TRI AFRIANTI, 135060065 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung Tahun Ajaran 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Makananku Sehat dan Berrgizi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada subtema makananku sehat dan bergizi dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying kaler, kota Bandung, bagaimana penerapan pelaksanaan pada subtema makananku sehat dan bergizi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying kaler, kota Bandung dan Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada subtema makananku sehat dan bergizi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying kaler, kota Bandung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyusunaan perencanaan pelaksanaan pembelajaran, mengetahui penerapan pelaksanaan dan mengetahui hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning siswa kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying kaler, kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik kemampuan memecahkan masalah maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I hasil belajar siswa kognitif sebesar 44,73%, hasil belajar afektif 42,10% dan hasil belajar psikomotor 68,42%. Pada siklus II hasil belajar siswa kognitif sebesar 65,79%, hasil belajar afektif 73,68%, dan hasilbelajar psikomotor 84,21%. Pada siklus III hasil belajar siswa kognitif berhasil meningkat sebesar 78,94%, hasil belajar afektif 78,94% dan hasil belajar psikomotor 100%. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Muararajen merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:32
Last Modified: 15 Aug 2017 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28616

Actions (login required)

View Item View Item