YOSSI DWI PUTRIA, 135060067 (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN ( Penelitian T indakan K elas Terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Muararajeun Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe talking stick yang dilatar belakangi oleh motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang kurang. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan pembelajaran yang dilakuk an yang mengakibatkan kurangny a hasil belajar siswa di bawah KKM 75 . Pada penelit ian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) . Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembel a jaran yang tepat . Subjek t indakan adalah siswa kelas V SD N Muararaje un Bandung yang berjumlah 40 orang . Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara , tes, dan lembar observas i. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksan aan tindakan, observasi , dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar yang berdampak langsung pad a prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Muararajeun Bandung. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebanyak 6 5,75 % dari hasil awal 6 2, 5 %. Pada siklus II data hasil belajar siswa mengalami penin gkatan dari siklus I sebanyak 76,25 % . Dan p ada siklus I II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I, dan II sebanyak 89,25%. Hal ini dikarenakan penerapan model kooperatif tipe talking stick akan membuat peserta didik berani mengemukakan pendapat, aktif dalam belajar, berani tampil di depan kelas, disiplin dalam bertanya dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan . Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat dijadikan suatu alternatif untuk memacu siswa aktif dalam pembelajaran , karena model pembelajaran ini mengutamakan proses k eterampilan diri untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap - tahap yang melatih kemampuan siswa baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pe mbelajaran kooperatif tipe talking stick dapat me ningkatkan hasil belajar siswa. Kata K unci: Hasil Belajar , Model Kooperatif tipe Talking Stick
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 22:45 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 01:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28601 |
Actions (login required)
View Item |