IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL DALAM MEWUJUDKAN STANDARISASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJUJURAN DI KOTAMADYA JAKARTA TIMUR

J. B. Soemarsono, NPM: 119213027 (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UJIAN NASIONAL DALAM MEWUJUDKAN STANDARISASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJUJURAN DI KOTAMADYA JAKARTA TIMUR. Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
1 Cover-Ringkasan.doc

Download (77kB)
[img] Text
3 Abstrak Ringkasan.doc

Download (47kB)
[img] Text
11 Daftar Pustaka Ringkasan.doc

Download (41kB)
[img] Text
6 BAB 1 Ringkasan.doc

Download (175kB)
[img] Text
7 BAB 2 Ringkasan.doc

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan implementasi ujian nasional belum efektif mewujudkan standar mutu sekolah menengah kejuruan (SMK) serta menentukan langkah-langkah strategis agar implementasi kebijakan ujian nasional SMK menjadi efektif. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data primer dan sekunder dihimpun dari para informan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen, serta dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan ujian nasional terselenggara secara lancar karena didukung sumber daya yang cukup, melibatkan organisasi pemerintahan yang tata kerjanya telah diatur dalam prosedur operasi standar yang pelaksanaannya mempunyai landasan hukum yang kuat. Tetapi tujuan dan ukuran yang ditetapkan dalam kebijakan ujian nasional prosesnya tidak sesuai dengan tujuan dan ukuran mutu pendidikSMK, yang berdampak pada sikap sekolah yang cenderung tidak mendukung pelaksana implementasi kebijakan ujian nasional, sehingga implementasi kebijakan ujian nasional tidak efektif dalam mewujudkan standarisasi mutu pendidikan SMK. Untuk mewujudkan impelementasi ujian nasional SMK yang efektif maka strategi yang dapat dipergunakan adalah strategi diversifikasi dengan membuat format ujian nasional SMK yang berbeda dengan format ujian nasional yang sudah ada dengan lebih memfokuskan kepada tujuan pendidikan SMK. Bentuk dan ukurannya harus sesuai dengan tujuan dan ukuran mutu SMK, yaitu upaya mewujudkan standar mutu pendidikan SMK agar para lulusan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Kata kunci: evaluasi, kebijakan, ujian nasional, standar kualitas pendidikan, sekolah kejuruan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:25
Last Modified: 01 Aug 2017 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28427

Actions (login required)

View Item View Item