ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI CITARUM DIREKTORAT JENDERAL SUMBER DAYA AIR KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM

WINSKAYATI, NPM : 099213003 (2017) ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI CITARUM DIREKTORAT JENDERAL SUMBER DAYA AIR KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM. Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
Sampul WINS.doc

Download (40kB)
[img] Text
Abstrak WINS TERBUKA.doc

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA terbuka.doc

Download (47kB)
[img] Text
BAB 1 - TERBUKA.doc

Download (143kB)
[img] Text
Bab 2 WINS TERBUKA FINAL.doc

Download (353kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai pada Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum rendah. Hal tersebut diduga oleh pengembangan sumber daya manusia dan motivasi pegawai yang belum berjalan secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian yang telah dirumuskan sebelumnya. untuk melakukan analisis data digunakan teknik statistik deskriptif yang berfungsi untuk mengelompokan data, memproses, menyimpulkan, memaparkan serta menyajikan hasil olahan. Menguji model dan hipotesis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diestimasi dengan menggunakan program LISREL ( Linier Struktural Relation Ship) Hasil penelitian secara simultan dapat dijelaskan bahwa pengembangan sumber daya manusia dan motivasi pegawai sangat besar pengaruhnya dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum yaitu sebesar 80,5% dengan pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai sebesar 43,6 % dan pengaruh motivasi pegawai terhadap kinerja pegawai sebesar 36,9% . Hal ini mengandung makna bahwa pengembangan sumber daya manusia dan motivasi pegawai sangat dominan dan menjadi prioritas dalam mempengaruhi kinerja pegawai. Sedangkan variabel lain yang tidak diteliti (epsilon) adalah sebesar 19,5%. Secara parsial pengembangan sumber daya manusia memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum sebesar 43,6%. Adapun dimensi pengembangan sumber daya manusia yang memberikan pengaruh paling besar sampai terkecil terhadap kinerja pegawai secara berurutan adalah dimensi pengelolaan (21,7%), pendidikan dan pelatihan (11,6%) dan dimensi perencanaan (10,3%). Sedangkan secara parsial motivasi pegawai memberikan pengaruh kepada kinerja pegawai sebesar 36,9% , adapun faktor motivasi yang memberikan pengaruh paling besar sampai terkecil terhadap kinerja pegawai secara berurutan adalah faktor kebutuhan akan kekuasaan( 21,1%), kebutuhan akan berafiliasi( 8,7%) dan faktor kebutuhan akan preastasi( 7,1%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan sumber daya manusia dan motivasi pegawai secara empirik memberikan kontribusi terhadap kinerja pegawai pada Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum, baik secara simultan maupun parsial. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan sumber daya manusia dengan dimensi perencanaan, pendidikan dan pelatihan serta pengelolaan pegawai dan motivasi pegawai dengan factor kebutuhan berprestasi, kebutuhan akan kekuasaan dan kebutuhan akan berafiliasi secara umum belum sepenuhnya didasarkan pada dimensi pengembangan sumber daya manusia dan faktor motivasi pegawai.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2013
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:18
Last Modified: 01 Aug 2017 04:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28426

Actions (login required)

View Item View Item