EVALUASI KEBIJAKAN RETRIBUSI KEBERSIHAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT KOTA PEKANBARU

Surya Dailiati, NPM. 139020030 (2017) EVALUASI KEBIJAKAN RETRIBUSI KEBERSIHAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT KOTA PEKANBARU. Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
Jurnal-Bu Surya untuk Tertutup_Juli 2017.doc

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada masalah pokok mengenai evaluasi kebijakan retribusi kebersihan yang belum secara optimal dapat meningkatkan kepuasan masyarakat Kota Pekanbaru dan belum meningkatkan kebersihan Kota Pekanbaru. Hal ini diduga disebabkan oleh kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang belum sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan strategi eksploratoris sekuensial. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk penelitian kualitatif dan kuesioner untuk penelitian kuantitatif. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif dari Miles dan Huberman untuk penelitian kualitatif dan analisis regresi berganda untuk penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi kebijakan kebersihan berdasarkan Perda No. 10 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kota Pekanbaru saat ini dilakukan secara terkoordinasi antara Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru sebagai pemberi pelayanan kebersihan dan Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru sebagai pemungut retribusi belum maksimal. Kualitas pelayanan kebersihan belum memuaskan, masyarakat merasa bahwa apa yang dibayarkan sesuai kebijakan retribusi kebersihan, belum sesuai dengan pelayanan kebersihan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru; (2) Evaluasi terhadap efektifitas, efisiensi, responsivitas, kecukupan, kesamaan dan ketepatan yang mempengaruhi implementasi kebijakan kebersihan agar dapat meningkatkan kepuasan masyarakat Kota Pekanbaru terlihat bahwa untuk ketepatan diarahkan pada ketepatan terhadap tujuan kebijakan dan kebutuhan masyarakat; dan (3) Model implementasi kebijakan kebersihan yang dapat meningkatkan kepuasan masyarakat Kota Pekanbaru adalah dengan merevisi kebijakan yang ada, meningkatkan efektivitas dan efisiensi untuk mencapai tujuan kebijakan. Apabila Perda mengenai kebersihan yang telah direvisi tersebut dipatuhi oleh masyarakat serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, diharapkan Kota Pekanbaru yang bersih dari sampah. Hal ini menjadikan masyarakat akan terpuaskan karena kebutuhan Kota Pekanbaru yang bersih, khususnya di siang hari terpenuhi sesuai harapan masyarakat. Bila masyarakat terpuaskan, maka masyarakat tentunya tidak keberatan untuk membayar retribusi kebersihan. Kata Kunci: Pariwisata, Pengembangan, Implementasi Kebijakan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Aug 2017 03:35
Last Modified: 01 Aug 2017 03:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28424

Actions (login required)

View Item View Item