MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA MASSA DIKALANGAN REMAJA (Studi Etnografi Virtual Tentang Identitas dan Presentasi Diri Remaja Indonesia di Instagram)

Drs. Yusuf Hartawan. M.I.Kom, NIDN. 04311226601 (2017) MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA MASSA DIKALANGAN REMAJA (Studi Etnografi Virtual Tentang Identitas dan Presentasi Diri Remaja Indonesia di Instagram). Jurnal Retorika, 9. pp. 155-174.

[img]
Preview
Text
Jurnal retorika Yusuf H.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuisejauh mana pengguna media massa khususnya media sosial dikalangan remaja Indonesia dalam mengkonstruksiidentitas diri, presentasi diri dan berkomunikasi melalui aplikasi Instagram. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif,dengan studi Etnografi Virtual yang banyak digunakan pada penelitian online. Subjek penelitian difokuskan untuk meneliti pengalaman para pengguna Instagram. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan atau subjek akan dipilih secara purfosif berdasarkan aktivitas mereka yang dapat mengekplorasi dan mengartikulasikan pengalaman mereka secara sadar. Pengumpulan data diperoleh dari informan utama (key informant) atau sumber data utama sebagai partisipan melalui wawancara onlineSynchronous. Data yang diperoleh disusun dalam satuan-satuan kemudian dikategorikan dan dilakukan pengkodingan melalui tahapan triangulasi dengan derajat kepercayaan suatu informasi oleh seorang ahli di bidang virtual on line. Hasil penelitian ini menunjukan pengguna media massa khususnya media sosial dikalangan remaja berasal daritiga faktor utama yaitu : media, eksistensi dan komunitas. Pola komunikasi dilakukan melalui Instagram antar pengguna sebagai interaksi simbolik untuk menganalisis identitas diri dan presentasi diri melalui nama akun dan foto-foto yang di upload dan diposting. Kata-Kata Kunci:Media Sosial, Identitas, Presentasi diri.

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:27
Last Modified: 28 Jul 2017 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28397

Actions (login required)

View Item View Item