PENGARUH TERPAAN INFORMASI KANKER PAYUDARA DI MEDIA CETAK TERHADAP KECEMASAN IBU RUMAH TANGGA MENGENAI PENYAKIT KANKER PAYUDARA DI KECAMATAN UJUNG BERUNG (STUDI DI KOTA BANDUNG)

WINNE WARDIANI, NIDN. 0405018402 (2017) PENGARUH TERPAAN INFORMASI KANKER PAYUDARA DI MEDIA CETAK TERHADAP KECEMASAN IBU RUMAH TANGGA MENGENAI PENYAKIT KANKER PAYUDARA DI KECAMATAN UJUNG BERUNG (STUDI DI KOTA BANDUNG). Jurnal Retorika, 9. pp. 131-146.

[img]
Preview
Text
Jurnal retorika Winne.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Saat ini salah satu penyakit yang paling ditakuti adalah kanker dan untuk wanita kanker payudara adalah yang terbanyak kemudian disusul dengan kanker mulut rahim atau serviks.Berdasarkan data dari YKI “Yayasan Kanker Indonesia”, jumlah penderita kanker payudara terus bertambah. Untuk mengatasi hal tersebut berbagai upaya pencegahan telah dilakukan antara lain dengan menyebarluaskan informasi tentang penyakit kanker payudara kepada masyarakat melalui berbagai media seperti media cetak. Informasi kanker payudara yang disampaikan media selain dapat menumbuhkan kesadaran terhadap bahaya penyakit kanker payudara, informasi kanker payudara dapat pula menimbulkan kecemasan. Berdasarkan asumsi tersebut penelitian ini bermaksud mengetahui apakah informasi kanker payudara di media cetak dapat menimbulkan kecemasan khlayak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei, sebagai populasi adalah Ibu rumah tangga di Kecamatan Ujung Berung. Pengambilan sampel silakukan dengan multistage cluster sampling dan melalui alokasi proporsional diperoleh sampel sebesar 96 orang. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data dari responden. Untuk mengukur tes kecemasan digunakan Test Anxiety Scale. Rekomendasi yang diberikan adalah peningkatan minat baca informasi kanker payudara di media cetak untuk menambah pengetahuan. Frekuensi membaca pencegahan, gejala dan dampak kanker payudara di media cetak. Kualitas informasi kanker payudara dan kecukupan nilai informasi kanker payudara di media cetak.

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:22
Last Modified: 28 Jul 2017 02:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28395

Actions (login required)

View Item View Item