HIJAB SEBAGAI GAYA HIDUP (Studi Fenomenologi Tentang Motif Perempuan Memakai Hijab dan Aktivitas dalam Media Sosial Intagram)

Hj. NurRatih Devi Affandi, S.S., M.Si., NIDN. 0408058301 (2017) HIJAB SEBAGAI GAYA HIDUP (Studi Fenomenologi Tentang Motif Perempuan Memakai Hijab dan Aktivitas dalam Media Sosial Intagram). Jurnal Retorika, 9. pp. 49-64.

[img]
Preview
Text
Jurnal Retorika Nur Ratih.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui hijab sebagai gaya hidup bagi Bandung Hijabers Community yang dilihat dari tiga hal yaitu alasan perempuan bergabung dengan Bandung Hijabers Community, pemaknaan hijab bagi anggota Bandung Hijabers Community dan aktivitas dalam Media Sosial Intagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Strategi penelitian dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Sumber data diperoleh dari studi pustaka, peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi, informan yaitu Bandung Hijabers Community yang terdiri dari komite dan anggota. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, (1) Alasan mereka untuk bergabung dengan komunitas ini karena mereka haus akan ilmu agama, komunitas muslimah dengan anggota mayoritas kaum muda dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Bandung Hijabers Community (religi, charity dan fashion). (2) Pemaknaan hijab oleh anggota Bandung Hijabers Community, Hijab sendiri berarti pembatas, penutup aurat yang dapat menjadi pelindung dan suatu kewajiban atau perintah agama guna menjaga kehormatan wanita muslimah. Banyak hal yang melatarbelakangi para anggota Bandung Hijabers Community untuk mulai memakai hijab. Ada yang dilatarbelangi karena kesadaran sendiri, keinginan dan lingkungan keluarga yang islami. (3) Aktivitas Bandung Hijabers Community antara lain mengupload kgiatan-kegiatan positif yang mereka lakukan, antara lain, pengajian komunitas, charity komunitas dan kegiatan pemotretan yang seringkali mereka lakukan. Aktivitas Hijabers Community ini pada akhirnya merupakan budaya baru yang lahir melalui social media intagram, di mana hal ini merupakan gaya hidup yang membawa simbol-simbol keagaman mereka yaitu hijab sebagai sebuah gaya hidup kaum hijabers kini. Hijab gaul, modis dan stylis ala hijabers telah membawa seperangkat nilai dan trend yang dilekatkan oleh member Bandung Hijabers Community sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Pada akhirnya dari gaya hidup yang komunitas tersebut lakukan akan mengkontruksi sebuah identitas bagi anggotanya sebagai seorang hijabers yang identik dengan seorang yang fashionabel Kata kunci : Bandung Hijabers Community, hijab, aktivitas, gaya hidup

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:07
Last Modified: 28 Jul 2017 01:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28390

Actions (login required)

View Item View Item