POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PEDAGANG ETNIS CINA DAN SUNDA DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus di Pasar Baru Trade Center, Bandung)

Dhini Ardianti, NIDN 0408087605 (2017) POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PEDAGANG ETNIS CINA DAN SUNDA DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus di Pasar Baru Trade Center, Bandung). Jurnal Retorika, 9. pp. 11-30.

[img]
Preview
Text
Jurnal Retorika Dhini.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengungkap bagaimana pola komunikasi antarbudaya pedagang etnis Cina dan Sunda di Pasar Baru Bandung. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengkaji proses komunikasiyang berlangsung diantara pedagang di Pasar Baru Bandung, untuk mengkaji makna pesan verbal dan non verbal menurut budaya pedagang etnis Cina dan Sunda di Pasar Baru Bandung, untuk mengkaji pola komunikasi antarbudaya diantara pedagang etnis Cina dan Sunda di Pasar Baru Bandung. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah: bagaimanakah proses komunikasiyang berlangsung diantara pedagang di Pasar Baru Bandung?Apa makna pesan verbal menurut budaya pedagang etnis Cina maupun pedagang etnis Sunda di Pasar Baru Bandung?Apa makna pesan non-verbal menurut budaya pedagang etnis Cina maupun Sunda di Pasar Baru Bandung?Bagaimanakah pola komunikasi antarbudaya diantara pedagang etnis Cina dan Sunda di Pasar Baru Bandung, dalam hal ini apakah pola budaya yang mereka bentuk secara linier-aktif, multi-aktif, ataulah re-aktif, atau bahkan membentuk suatu pola baru? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tradisi fenomenologis.Subjek penelitiannya adalah pedagang etnis Cina dan pedagang etnis Sunda yang berada di lingkungan Pasar Baru Trade Center Bandung.Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan (observasi) berperan serta dan wawancara mendalam. Kata kunci: Pola Komunikasi Antarbudaya, Proses Komunikasi, Makna Pesan Verbal, Makna Pesan Nonverbal

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Jul 2017 03:59
Last Modified: 28 Jul 2017 01:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28388

Actions (login required)

View Item View Item