PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN BUMN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2015)

Dwina Andarini, 144020370 (2017) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN BUMN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img] Text
COVER.docx

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (76kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage terhadap Manajemen Laba”. Dalam rangka mencegah kasus manajemen laba yang dapat merugikan perusahaan BUMN, maka Kementerian BUMN menerapkan Good Corporate Governance. Pelaksanaan Good Corporate Governanceberfungsi sebagai alat apakah kepentingan antara manajemen dan pemegang saham berjalan selaras atautidak. Serta menganalisis pengaruh leverge terhadap manajemen laba. Tujuan penulis melakukan penelitian ini antara lain, untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance yang diukur dengan kepemilikan manajerial, dewan komisaris, komisaris independen, dan pengaruh leverage secara parsial terhadap manajemen laba. Dan pengaruh GCG dengan proksi kepemilikan manajerial, dewan komisaris, komisaris independen dan pengaruh leverage secara simultan terhadap manajemen laba. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling, sehingga yang dijadikan populasi 20 perusahaan dan sampel adalah 11 perusahaan BUMN Non Keuangan yang terdaftar di BEI periode 2010-2015.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan linier berganda serta uji hipotesis. Hasil uji statistik secara parsial menunjukkan bahwa good corporate governance yaitu kepemilikan manajerial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Secara simultan good corporate governance dan leverage berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata kunci: good corporate governance, leverage, dan manajemen laba

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 21 Jun 2017 07:50
Last Modified: 21 Jun 2017 07:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28313

Actions (login required)

View Item View Item