PENGARUH KEBIJAKAN WORLD TRADE ORGANIZATION KEPADA NEGARA-NEGARA BERKEMBANG TERHADAP KEBIJAKAN ANTI-DUMPING EROPA-UNION PADA EKSPOR BIODISEL INDONESIA

Rizky Alifa Dhanni, 132030203 (2017) PENGARUH KEBIJAKAN WORLD TRADE ORGANIZATION KEPADA NEGARA-NEGARA BERKEMBANG TERHADAP KEBIJAKAN ANTI-DUMPING EROPA-UNION PADA EKSPOR BIODISEL INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (88kB)
[img] Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.docx

Download (20kB)
[img] Text
4. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.docx

Download (18kB)
[img] Text
RINGKESAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
5. BAB 1.docx

Download (62kB)
[img] Text
6. BAB 2.docx

Download (46kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (35kB)
[img]
Preview
Image
2. LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (168kB) | Preview

Abstract

World Trade Organization (WTO) adalah satu-satunya organisasi badan Internasional yang secara khusus menangani masalah perdagangan antar Negara. Salah satu fungsi dari WTO adalah menyelesaikan suatu sengketa dagang antar Negara melalui mekanisme penyelesaian sengketa yang terdiri dari tahapan konsultasi, panel, banding dan penyelesaian sengketa. Mekanisme penyelesaian sengketa inilah yang menjadi solusi atas terjadinya sengketa dagang Indonesia dengan Uni Eropa terkait dengan kebijakan antidumping Uni Eropa terhadap ekspor biodiesel Indonesia ke Uni Eropa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang terjadinya kasus kebijakan antidumping yang dilakukan oleh Uni Eropa terhadap ekspor biodiesel Indonesia ke Uni Eropa, mengatuhi penyelesaian sengketa dalam kerangka WTO pada kasus tersebut. Sedangkan manfaat atau kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis penelitian ini diharapkan berguna untuk menambah khasanah pengembangan ilmu Hubungan Internasioanl, khususnya menyangkut Organisasi Internasional dan Ekonomi Politik Internasional. Selanjutnya secara praktis penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan dan bahan komparatif bagi penelitian sejenis dan menjadi pemikiran bagi pihak-pihak berkepentingan. Hasilpenelitianmenunjukkan bahwaIndonesia sangatmudahterpengaruh dan dipengaruhi akibattindakanUniEropa,begitupula sebaliknya.Haliniterlihatdari pengaruhkebijakanRenewableEnergyDirective(RED)yang berhasilmenghambat masuknya kelapa sawit Indonesia ke Uni Eropa. Untuk mengantisipasi RED, Indonesia kemudianmengeluarkansuatu strategiuntuk mencegahganguan ekspor IndonesiakeUniEropayang kemudiandikenal denganIndonesianSustainablePalm Oil(ISPO). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Historis Analisis, yakni cara pemecahan suatu masalah dengan cara pengumpulan data dan fakta-fakta khusus mengenai kejadian masa lampau, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, yaitu penelurusan data-data yang bersumber dari bahan-bahan tulisan, baik dari buku, dokumen-dokumen, internet dan media masa. Kata Kunci : WTO, Penyelesaian Sengketa, Biodiesel.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 21 Jun 2017 02:50
Last Modified: 21 Jun 2017 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28294

Actions (login required)

View Item View Item