PENGUJIAN PRESTASI MESIN MOTOR YAMAHA JUPITER Z DENGAN MEMODIFIKASI PANJANG LANGKAH MENGGUNAKAN CRANKSHAFT VEGA ZR

MUHAMAD RIZKI PERMADY, 093030036 and Syahbardia, Ds and Endang Ahdi, DS (2016) PENGUJIAN PRESTASI MESIN MOTOR YAMAHA JUPITER Z DENGAN MEMODIFIKASI PANJANG LANGKAH MENGGUNAKAN CRANKSHAFT VEGA ZR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER LAPORAN.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (revisi).pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Modifikasi bidang otomotif yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan performansi yang lebih baik dari sebuah sistem kerja otomotif. merubah spesifikasi komponen ataupun dengan cara memberi komponen tambahan. Salah satu area motor yang mengalami modifikasi adalah crankshaft dengan cara memperpanjang langkah atau mengganti crankshaft dari motor lain yang langkahnya lebih panjang dari panjang langkah Jupiter Z. Memperpanjang langkah atau mengganti crankshaft bertujuan untuk meningkatkan performansi mesin sepeda motor. Dari hasil analisis modifikasi kapasitas engine sebelum modifikasi adalah 133 cc dan setelah dimodifikasi menjadi 142,5 cc, sedangkan rasio kompresi sebelum dimodifikasi adalah 9,3 : 1 dan setelah dimodifikasi menjadi 10,7 : 1 Modifikasi sepeda motor Yamaha Jupiter Z adalah dengan menggunakan crankshaft Yamaha Vega ZR dengan panjang langkah 57,9 mm. Mengakibatkan paking silinder harus menggunakan yang lebih tebal 4mm dari standar. Hasil pengujian perhitungan Yamaha Jupiter Z yaitu menunjukan bahwa daya maksimum sebelum dimodifikasi adalah 9,7 hp pada putaran 8495 rpm, torsi maksimum 8,63 Nm pada putaran 7648 rpm, konsumsi bahan bakar spesifik rata rata 0.38 kg/kWh, tekanan efektif rata rata 3.86 kg/cm² pada putaran 8495 rpm, dan efisiensi maksimum 22,9% pada putaran 7000 rpm. Sedangkan pada pengujian perhitungan Yamaha Jupiter Z setelah dimodifikasi menunjukan daya sebesar 9,8 hp pada putaran 9935 rpm, torsi maksimum 8,79 Nm pada putaran 5592 rpm, konsumsi bahan bakar spesifik rata rata 0.34 kg/kWh, tekanan efektif rata rata 3,11 kg/cm² pada putaran 9935 rpm, dan efisiensi maksimum 27,7 % pada putaran mesin 4000 rpm.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2015
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 08 Apr 2016 02:59
Last Modified: 08 Apr 2016 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item