PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2015)

Emil Maurilla, 134020012 (2017) PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img] Text
Cover.docx

Download (84kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II (Autosaved).docx

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif verifikatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji f serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya populasi penelitian adalah enam puluh tujuh perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama enam tahun (2010-2015) dengan sumber data yang diperoleh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial pertumbuhan penjualan, perputaran kas dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Dimana besarnya pengaruh pertumbuhan penjualan sebesar 5,3%, perputaran kas sebesar 3,6% dan perputaran persediaan sebesar 2,3%. Sedangkan perputaran piutang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Secarasimultanpertumbuhanpenjualan, perputarankas, perputaranpiutangdanperputaranpersediaanberpengaruhterhadapprofitabilitasdanbesarnyapengaruh 11,7% sedangkansisanya 88,3% dipengaruhiolehfaktor lain yang tidakditelitidalampenelitianiniseperti ukuran perusahaan, current rasio, debt to equity rasio (DER), dll. Kata Kunci : Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 17 Jun 2017 07:43
Last Modified: 17 Jun 2017 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28275

Actions (login required)

View Item View Item