PEMBANGUNAN SISTEM MONITORING ALARM KEBAKARAN MENGGUNAKAN SENSOR TEMPERATUR DHT11 BERBASIS MICROCONTROLLER (Studi kasus : PT. Panasonic Manufacturing Indonesia)

KHAERUL IKHFAN, 143040143 and Rita Rijayanti, DS and Wanda Gusdya, DS (2017) PEMBANGUNAN SISTEM MONITORING ALARM KEBAKARAN MENGGUNAKAN SENSOR TEMPERATUR DHT11 BERBASIS MICROCONTROLLER (Studi kasus : PT. Panasonic Manufacturing Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
143040143_abstrak_20162.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
143040143_cover_dll_20162.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
143040143_bab1_20162.pdf

Download (836kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sistem monitoring alarm kebakaran merupakan suatu proses untuk memonitoring ruangan pada suatu gedung jika terjadi kebakaran. Faktor keselamatan dari setiap penghuni ruangan di dalam sebuah perusahaan (karyawan) merupakan aspek yang paling penting dan harus di utamakan. Salah satu yang menjamin aspek keselamatan dan keamanan gedung adalah tersedianya sistem peringatan dini terhadap bahaya atau bencana yang timbul, seperti kebakaran dan gempa bumi. Sistem monitoring alarm kebakaran merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat menampilkan informasi adanya gejala kebakaran yang di peroleh dari fire alarm system. Fire alarm system tersebut adalah sebuah rangkaian elektronik yang berupa papan arduino dan sensor temperatur dht11 yang di rancang untuk dapat menangkap sinyal adanya gejala kebakaran yang di pasang pada setiap gedung dan ruangan yang ingin di monitoring. Agar sebuah fire alarm system yang di pasang di setiap gedung dapat terintegrasi dan di kontrol dalam suatu ruangan maka di perlukan peralatan tambahan seperti jaringan LAN (Local Area Network). Sistem monitoring di bangun menggunakan bahasa pemrograman C Sharp dan untuk jalur komunikasinya menggunakan protokol UDP (User Datagram Protokol). Dalam penelitian tugas akhir ini penulis telah merancang sebuah prototype fire alarm system agar sistem monitoring alarm kebakaran dapat di simulasikan. Adapun proses yang dilakukan dalam penelitian tugas akhir ini yaitu analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah perangkat lunak berbasis desktop yang dapat memonitoring ruangan pada suatu gedung jika fire alarm system mendeteksi adanya gejala kebakaran. Kata kunci : Sistem monitoring alarm kebakaran, monitoring kebakaran, microcontroller, fire alarm system.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 17 Jun 2017 07:38
Last Modified: 17 Jun 2017 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28274

Actions (login required)

View Item View Item