Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Educationuntuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender

Endang Kuswanto, NPM : 158060013 (2017) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Educationuntuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
jurnal ENDANG KUSWANTO.docx.docx

Download (38kB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang : motivasi belajar dan berfikir kreatif matematika berdasarkan keseluruhan dan gender antara siswa yang mendapatkan pembelajaran Realistic Mathematic Education dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional serta hubungannya antara motivasi siswa dengan kemampuan berfikir kreatif matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Methode. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Ar-Raudloh Cileunyi Bandung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas yang mendapat pembelajaran Realistic Mathematic Education dan kelas yang mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini meliputi tes berfikir kreatif matematis , angket motivasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas RME lebih baik daripada siswa kelas konvensional berdasarkan keseluruhan dan gender dan kemampuan berfikir kreatif matematika yang mendapatkan pembelajaran RME lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional secara keseluruhan dan gender, dan ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dan kemampuan berfikir siswa. Kata kunci : Realistic Mathematic Education, berfikir kreatif, meotivasi belajar dan Gender

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 17 Jun 2017 04:42
Last Modified: 17 Jun 2017 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28251

Actions (login required)

View Item View Item