Abdullah Izzan Habubuddin, 142010196 (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KOTA BANDUNG PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
lembar pengesahan & cover.docx Download (125kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (21kB) |
|
Text
bab 1 perpus.docx Download (70kB) |
|
Text
bab 2 perpus.docx Download (167kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (25kB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar di Kota Bandung Pada Dinas Pendidikan Kota Bandung. Masalah yang ditemukan yaitu kebijakan Kurikulum 2013 mengalami beberapa perubahan peraturan akibat revisi-revisi yang terjadi dan terlalu terburu-buru dalam menerapkannya. Sehingga membuat para pelaksana kebijakan menjadi kebingungan untuk memahami konsep dan mekanisme Kurikulum 2013. Lalu diperparah oleh tidak tersediaannya pengadaan buku guru dan buku murid bagi kelas 2, 3, 5 dan 6, serta ditambah oleh pemberian fasilitas pelatihan dari pemerintah pusat dan pembinaan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung belum maksimal bagi para pelaksana seperti kepala sekolah dan guru-guru Sekolah Dasar di Kota Bandung. Maka dari permasalahan-permasalahan yang terjadi dapat dikatakan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar di Kota Bandung sejauh ini belum efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deksriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis teknik penelitian fenomenologi dan disertai penelitian lapangan diantaranya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan informan penelitian didalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Kurikulum Sekolah Dasar Dinas Pendidikan sebagai informasi kunci, Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan, 1 orang staf Seksi Kurikulum Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Bandung, lalu 3 orang Kepala Sekolah SD di Kota Bandung, dan 6 orang wakasek kurikulum SD di Kota Bandung sebagai pelaksana di sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar di Kota Bandung dapat dilihat dari dimensi Komunikasi, Sumber-Sumber, Kecenderungan-Kecenderungan atau Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Dari keempat dimensi tersebut menyimpulkan bahwa kejelasan pengkomunikasian kebijakan Kurikulum 2013 yang dikeluarkan pemerintah pusat sering berubah-rubah cenderung tidak konsisiten dari segi desain dan konsepnya, terkait sumber daya bahwa adanya kendala dari pemahaman guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar di Kota Bandung ditambah oleh tidak tersedianya sarana belajar guru dan siswa yang memadai, lalu para pelaksana kebijakan baik aparatur Dinas Pendidikan Kota Bandung maupun kepala sekolah dan guru Sekolah Dasar di Kota Bandung memunculkan upaya kearah yang lebih positif agar selalu siap menghadapi Kurikulum 2013, serta terkait struktur organisasi Dinas Pendidikan Kota Bandung bersama LPMP Jawa Barat dan stakeholder lainnya berkordinasi untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam menunjang keberhasilan Kurikulum 2013 dan para pelaksana di Dinas Pendidikan Kota Bandung melaksanakan kebijakan Kurikulum 2013 berpedoman kepada SOP agar kebijakan tersebut tetap pada jalurnya. Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Pemerintah.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 07:53 |
Last Modified: | 16 Jun 2017 07:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28210 |
Actions (login required)
View Item |