PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN WANITA TANI DI KECAMATAN BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG

YANDI SEPTIAN, 132020002 (2017) PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN WANITA TANI DI KECAMATAN BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
cover skripsi.rtf

Download (612kB)
[img] Text
ABSTRAK YANDI.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I new.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
daftar pustaka.rtf

Download (66kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Image
20170615_103652.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Program Kawasan Rumah Pangan Lestari terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pangan Wanita Tani PanganWanitaTani di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Program KRPL yaitu sebuah program pemerintah untuk masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan rumah yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program KRPL di Kecamatan Baleendah, untuk mengetahui Pemenuhan Kebutuhan Pangan Wanita Tani di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pangan Wanita Tani di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu untuk mengetahui sesuatu yang sedang berlangsung kemudian mengemukakan sesuai dengan kenyataan yang dijalankan, sedangkan teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi dokumentasi, studi lapangan dengan teknik-tekniknya yaitu observasi nonpartisipan dan wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menjadi anggota program KRPL sebanyak 30 orang untuk kelompok eksperimen dan 30 orang kelompok kontrol yang belum menjadi anggota program KRPL. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling, teknik pengukuran yang digunakan adalah skala likert, untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan statistik uji U-Mann Whitney Test. Hasil analisis pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan baik hipotesis utama maupun sub-sub hipotesis terdapat harga-harga Hig > e. Sehingga Kriteria pengujian hipotesis adalah H_0 ditolak dari kriteria pengujian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam hal pelaksanaan program KRPL terhadap pemenuhan kebutuhan pangan wanita tani di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan juga bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam hal pelaksanaan program KRPL terhadap pemenuhan gizi wanita tani, kemudian berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan dalam hal pelaksanaan program KRPL terhadap pemenuhan swasembada pangan wanita tani sehingga dapat dikatakan bahwa program KRPL yang diadakan di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung ini memberikan efek atau pengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan swasembada pangan wanita tani. Kata kunci: Wanita Tani, Program KRPL, Pemenuhan Kebutuhan Pangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 15 Jun 2017 06:09
Last Modified: 15 Jun 2017 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28093

Actions (login required)

View Item View Item