KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI UPTD DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI KABUPATEN BANDUNG BARAT

DONNY HAIKAL PRAWIBOWO, 132010009 (2017) KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI UPTD DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI KABUPATEN BANDUNG BARAT. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. cover.docx

Download (62kB)
[img] Text
ABSTRAK beres.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I beres.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II beres.docx

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img]
Preview
Image
IMG_20170615_110257_HDR.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari masalah Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor di UPTD Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bandung Barat. Masalah tersebut diduga disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat tentang pengujian kendaraan, terbatasnya kuantitas sumber daya penguji teknis, sarana dan prasana sebagai fasilitas penunjang dalam memberikan pelayanan belum memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas pelaksanaan kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor di UPTD Dinas perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan metode analisi deskritif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, yang dilakukan kepada Kepala UPTD PKB, Petugas Penguji Teknis dan Masyarakat yang menguji kendaraannya, observasi, dan studi dokumentasi, data primer dan data sekuder yang di peroleh dalam penelitian ini diolah melalui prosedur kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor di UPTD belum memberikan pelayanan yang optimal. Hal ini dilihat dari kuantitas sumber daya manusia yang terbatas, fasilitas sarana dan prasarana yang belum memadai dan masih terbatasnya pemahaman masyarakat tentang prosedur pelayanan uji kendaraan. Kesimpulan penelitian ini bahwa pelayanan yang diberikan belum sepenuhnya berjalan cukup baik namun belum optimal karena keterbatasan Sumber Daya Manusia dan masih banyak hal yang perlu diperbaiki seperti kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan segala yang menjadi persyaratan untuk melakukan suatu urusan pelayanan serta sarana dan prasarana yang belum terpenuhi seperti ruang tunggu masyarakat, dan fasilitas yang dapat menciptakan suasana nyaman bagi pemohon pelayanan agar target dan kualitas pelayanan yang diinginkan bisa tercapai dengan maksimal. Saran-saran yang dapat peneliti sarankan kepada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bandung Barat hendaknya untuk kelangkapan peralatan uji sebaiknya dilengkapi karena merupakan instrument yang sangat penting dalam pengujian kendaraan, Terkait kuantitas sumber daya manusia sebaiknya berkoordinasi dengan Kementrian Perhubungan mengenai kekurangan tenaga penguji. Memberikan Informasi mengenai manfaat tujuan pengujian kendaraan melalui website resmi, media cetak dan media elektronik. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:13
Last Modified: 15 Jun 2017 04:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28081

Actions (login required)

View Item View Item