PENYESUAIAN DIRI ANAK DENGAN DISABILITAS RUNGU WICARA SLB NEGERI CICENDO BANDUNG

Nurul Gamala Tawainella, 132020010 (2017) PENYESUAIAN DIRI ANAK DENGAN DISABILITAS RUNGU WICARA SLB NEGERI CICENDO BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
cover cklipci saja.docx

Download (70kB)
[img] Text
abstrak indo.rtf

Download (2kB)
[img] Text
Abstrak inggris.docx

Download (11kB)
[img] Text
abstrak sunda.rtf

Download (43kB)
[img] Text
bab 1.rtf

Download (55kB)
[img] Text
bab 2.rtf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (5kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (13kB)
[img]
Preview
Image
Untitled-3.jpg

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Penyesuaian Diri Anak Dengan Disabilitas Rungu Wicara SLB Negeri Cicendo Kota Bandung. Penyesuaian diri adalah suatu proses dinamika terus menerus yang bertujuan untuk mengubah kelakuan guna mendapatkan hubungan yang lebih serasi antara diri dan lingkungan. Proses penyesuaian diri juga terbentuk sesuai dengan hubungan individu dengan lingkungan sosialnya, yang dituntut dari individu tidak hanya mengubah kelakuannya dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhan dari dalam dirinya, tetapi juga dituntut untuk menyesuaiakan diri dengan adanya orang lain dan macam-macam kegiatan mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara dalam membangun hubungan dengan lingkungan sosialnya, untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara dalam mengikuti pembelajaran di kelas, untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara dalam mengikuti, untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilita rungu wicara dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler di sekolah, dan untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara dalam memenuhi kebutuhan psikologisnya. Metode yang digunakan adala metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan: (1)wawancara mendalam, (2)observasi Langsung, (3)studi dokumentasi. Informan pada penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu informan utama yaitu anak dengan disabilitas rungu wicara SLB Negeri Cicendo Badung sebanyak 8 orang, dan informan tambahan yaitu guru sebanyak 2 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara SLB Negeri Cicendo Bandung belum dapat melakukan penyesuaian dengan baik, seperti penyesuaian dalam membangun hubungan komunikasi, penyesuaian dalam belajar di kelas dan pemenuhan terhadap kebutuhan psikologis (rasa aman dan percaya diri) dan hal ini dikarenakan hambatan yang dimiliki oleh mereka. Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Anak dengan Disabilitas Rungu Wicara.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:20
Last Modified: 15 Jun 2017 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28069

Actions (login required)

View Item View Item