IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM RANGKA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KELURAHAN DAGO, KECAMATAN COBLONG, KOTA BANDUNG

Mulia Oktarini, 132010015 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM RANGKA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KELURAHAN DAGO, KECAMATAN COBLONG, KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRACT ING.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.doc

Download (28kB)
[img] Text
09. RINGKESAN MULIA.doc

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
img-Mulia.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan adanya program keluarga harapan ini dapat menangulangi permasalahan kemiskinan khususnya kemiskinan yang ada dikelurahan dago atau malah membuat masyarakat miskin di Kelurahan dago menjadi ketergantungan dengan bantuan yang diberikan. Tujuan dari dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung melalui komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi untuk mengurangi tingkat kemiskinan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk memastikan keadaan yang sebenarnya di lapangan. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data yang mendalam dari narasumber. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data dan informasi-informasi berupa arsip atau foto mengenai implementasi program keluarga harapan di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Informan penelitian sebanyak 4 orang yang terdiri dari 1 Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan pada Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, 1 pendamping program keluarga harapan Kelurahan Dago, dan 2 peserta penerima bantuan program keluarga harapan. Hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi menunjukan bahwa implementasi program keluarga harapan dalam rangka penanggulangan kemiskinan di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung belum berhasil. walaupun serangkaian tahapan berjalan dengan lancar, sumberdaya yang dimiliki meliputi staf, kewenangan, informasi dan fasilitas maupun kemampuan pelaksana (disposisi) program keluarga harapan di dikelurahan dago telah memberikan kontribusi pada pelaksanaan PKH dan para pelaksana di Kelurahan Dago , Kecamatan Coblong, Kota Bandung juga telah menjalankan tugas sesuai dengan Standard Operational Procedures (SOP’s). Namun dalam implementasi program keluarga harapan di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung masih ditemui hambatan antara lain yakni tidak tersediannya tempat bagi pendamping dalam melakukan pertemuan dengan peserta penerima bantuan, keterbatasan jumlah pendamping yang menangani lebih dari satu kelurahan serta sikap dari penerima bantuan program keluarga harapan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 14 Jun 2017 06:28
Last Modified: 14 Jun 2017 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28025

Actions (login required)

View Item View Item