Fanny Ertian, 132050223 (2017) POLA KOMUNIKASI ANAK TUNAWICARA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
COVER.docx Download (41kB) |
||
Text
ABSTRAK.docx Download (22kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (33kB) |
||
Text
BAB II.docx Download (71kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
||
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (12kB) |
||
|
Image
DSC_0001.JPG Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Anak Tunawicara”, kegiatan berkomunikasi terjadi dan berlangsung dimanapun individu berada, dan tidak terkecuali kepada anak tunawicara, mereka melakukan komunikasi didalam kehidupan mereka dengan cara yang mereka miliki. Tujuan dari suatu pola komunikasi melihat bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh anak tunawicara beserta pemaknaan yang anak tunawicara miliki kepada orang sekitarnya untuk menunjang kelengkapan data mengenai pola komunikasi yang digunakan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mempelajari, menerangkan, dan menginterpretasikan data secara natural tanpa adanya intervensi pihak luar terhadap pola komunikasi anak tunawicara. Serta untuk mengetahui bagaimana pemaknaan-pemaknaan anak tunawicara terhadap orang-orang terdekatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis studi deskriptif kualitatif yaitu bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat objek tertentu. Peneliti sudah mempunyai konsep dan kerangka konseptual (kerangka pemikiran). Jenis ini untuk menggambarkan realitas yang sedang terjadi tanpa menjelaskan hubungan antarvariabel. Sedangkan teknik pengumpulan data sendiri peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk menambah kelengkapan data peneliti juga menggunakan literatur dan internet searching. Peneliti menggunakan triangulasi untuk mendapatkan hasil data yang valid dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu, dari para 8 informan yang peneliti miliki. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan maka diperoleh bahwa pola komunikasi anak tunawicara di Sekolah Dasar Negeri Putraco Indah menggunakan bahasa verbal yang tidak terlalu banyak seperti “mmm, aaa, nggg” dan nonverbal kepada para significan otherdimana para significan other juga menggunakan bahasa verbal dan non verbal kepada anak tunawicara, dimana didalam pola komunikasi tersebut terdapat pemahaman anak tunawicara terhadap significan other dan lingkungan yang diamana dipahami dengan baik oleh anak tunawicara seperti anak normal lainnya. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai cara untuk menunjang tercapainya kepahaman didalam melakukan komunikasi dengan anak tunawicara adalah dengan cara memberikan guru pendamping bagi anak tunawicara, dan juga baik orang tua, anak tunawicara, dan guru memahami bahasa isyarat ketika berinteraksi dengan anak tunawicara.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 13 Jun 2017 05:23 |
Last Modified: | 13 Jun 2017 05:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27975 |
Actions (login required)
View Item |