PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, CAPITAL EXPENDITURE, SALES GROWTH, DAN PROFITABILITY TERHADAP STRUKTUR MODAL (Suatu Studi Pada Perusahaan Pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011 - 2015)

Megawati Wibowo, 134020371 (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, CAPITAL EXPENDITURE, SALES GROWTH, DAN PROFITABILITY TERHADAP STRUKTUR MODAL (Suatu Studi Pada Perusahaan Pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011 - 2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Mega.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Mega.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Mega.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Mega.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Mega.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Persaingan yang semakin kompetitif menjadikan tugas manajer keuangan semakin rumit yaitu mencari alternatif pendanaan yang dapat meminimumkan biaya modal yang akan membuat perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif. Sumber dana yang digunakan pada hakekatnya merupakan komposisi dana atau struktur modal perusahaan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam menetapkan kebijakan struktur modal. Struktur modal dipengaruhi oleh rasio-rasio keuangan, diantaranya tangibility asset, kebijakan deviden, capital expenditure, ukuran perusahaan, profitability, sales growth, dan resiko bisnis. Semakin besarresiko yang dihadapi perusahaan maka akan semakin rendah rasio hutang yang digunakan perusahaan, karena semakin besar resiko bisnis, penggunaan hutang besar akan mempersulit perusahaan dalam mengembalikan hutang mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana ukuran perusahaan, capital expenditure, sales growth, dan profitability pada perusahaan pertanian yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2011-2015 serta mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, capital expenditure, sales growth, dan profitability terhadap struktur modal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini yaitu sebanyak 18 perusahaan pertanian yang listing di BEI periode tahun 2011-2015. Metode pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan total 14 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebagian besar perusahaan pertanian yang listing di BEI periode 2011-2015 memiliki rata-rata ukuran perusahaan sebesar 29,10, capital expenditure yang memiliki rata-rata sebesar Rp 317.772.215.200,-, sales growth yang memiliki rata-rata 0,0967, kemudian profitability yang memiliki rata-rata sebesar 8,2358%, dan struktur modal yang memiliki rata-rata 0,9992. Secara parsial ukuran perusahaan dan sales growth tidak berpengaruh terhadap struktur modal sedangkan, capital expenditure dan profitability berpengaruh terhadap struktur modal. Dan secara simultan ukuran perusahaan, capital expenditure, sales growth, dan profitability terhadap struktur modal yaitu sebesar 27%. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Capital Expenditure, Sales Growth, Profitability, Struktur Modal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:03
Last Modified: 13 Jun 2017 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27962

Actions (login required)

View Item View Item