Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pelayanan Ruas Jalan Agro Kawasan Perkotaan Yogyakarta.

AJIS MUHAMAD NOOR, 123060074 and Jajan Rohjan, DS and Furi Sari Nurwulandari, Dosen PWK Unpas (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pelayanan Ruas Jalan Agro Kawasan Perkotaan Yogyakarta. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kawasan Perkotaan Yogyakarta yang memiliki jumlah penduduk mencapai 2 juta jiwa merupakan kawasan perkotaan yang tak lepas dari permasalahan transportasi khususnya kemacetan. Beberapa ruas jalan di Kawasan Perkotaan Yogyakarta selalu mengalami kemacetan pada setip harinya khususnya pada periode puncak atau jam-jam sibuk seperti pada pagi, siang dan sore hari. Salah satu ruas jalan di Kawasan Perkotaan Yogyakarta yang selalu mengalami kemacetan adalah Ruas Jalan Agro. Pada Ruas Jalan Agro ini terdapat beberapa kegiatan yang menimbulkan kemacetan lalu lintas seperti kegiatan pendidikan Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negri Yogyakarta (UNY), sentra kuliner “Gudek Sleman” dan kegiatan perdagangan dan jasa lainnya sepanjang Ruas Jalan Agro. Permasalahan kemacetan tersebut menjadi suatu indikasi bahwa terjadi permasalahan kinerja pelayanan ruas jalan di Ruas Jalan Agro. Untuk mengetahui fakator-faktor apa saja yang mempengaruhi penurunan kinerja pelayanan Ruas Jalan Agro tersebut maka dilakukan identifikasi dan beberapa metoda analisis pengurai kemacetan. Dimana dapat diketahui bahwa selain dari tingginya volume lalu lintas penyebab lain dari kemacetan ini adalah tingginya aktivitas tepi jalan / hambatan samping seperti PKL, pejalan kaki, On Street Parking, Kendaraan Berhenti dll. Untuk menangani hal tersebut, didapatkan beberapa alternatif diantaranya dengan Penanganan Ruang Pejalan Kaki, Penanganan On Street Parking, Penertiban PKL, Serta Pelebaran Jalan. Berdasarkan hasil analisis dapat kita ketahui bahwa pengurangan frekuensi hambatan samping merupakan prioriats utama seperti dengan melakukan Penanganan Ruang Pejalan Kaki, Penanganan On Street Parking, Penertiban PKL, prioritas selanjutanya yaitu Pelebaran jalan, pelebaran jalan dipilih sebagai alternatif terakhir untuk mengurai kemacetan di Ruas Jalan Agro Karena dalam implementasinya sangat membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tinggi. Kata Kunci : Kawasan Perkotaan Yogyakarta, Transportasi, Jalan Agro, Faktorfaktor, Kinerja Pelayanan Jalan, Hambatan Samping.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 13 Jun 2017 03:22
Last Modified: 13 Jun 2017 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27948

Actions (login required)

View Item View Item