ANALISIS WACANA BERITA“TUKANG CUKUR SEKARANG, CANTIK DAN MURAH SENYUM” DI HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT (StudiAnalisisWacanaBeritaTukangCukurSekarang, antik dan Murah Senyum pada rubrik Selisik Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi Senin 5 September 2016 Bandung)

HARTATI PAMUNGKAS, 132050063 (2017) ANALISIS WACANA BERITA“TUKANG CUKUR SEKARANG, CANTIK DAN MURAH SENYUM” DI HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT (StudiAnalisisWacanaBeritaTukangCukurSekarang, antik dan Murah Senyum pada rubrik Selisik Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi Senin 5 September 2016 Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
cover skripsi.docx

Download (43kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB II tinjauan pustaka.docx

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA OUTLINE.docx

Download (17kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS WACANA BERITA TUKANG CUKUR SEKARANG CANTIK DAN MURAH SENYUM”. Berita ini merupakan bentuk dari media cetak harian umum Pikiran Rakyat edisi 5 September 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro pada teks pemberitaan Tukang Cukur Sekarang, Cantik dan Murah Senyum pada harian umum Pikiran Rakyat. Teori yangdigunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konstruksi Realitas Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah meode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, studi kepustakaan, studi lapangan dan wawancara dengan 10 informan dengan menggunakan model analisis Teun A Van Djik. Berdasarkan hasil penelitian teks berita Tukang Cukur Sekarang, Cantik dan Murah Senyum diperolehhasil bahwa topik pada berita tentang Tukang Cukur Sekarang, Cantik dan Murah Senyum di harian umum Pikiran Rakyat adalah tentang profesi tukang cukur yang juga digeluti oleh perempuan. Penulisan berita pada teks pemberitaan ini termasuk kategori berita (depth news)dengan penyajian tulisan menggunakan teknik feature. Pada judul dan lead berita sudah sangat berfungsi menunjukkan topik yang sedang dibicarakan yang merupakan representasi dari peristiwa yang telah terjadi. Pada cerita berita ini menjelaskan bagaimana suasana dan situasi dari barbershop tersebut serta pengalaman dari para pencukur perempuan selama menjalani profesinya sebagai tukang cukur. Pada isi berita terdapat nominalisasi, koherensi, bentuk kalimat, kata ganti, gaya bahasa, dan grafis. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai bahan masukan untuk para pembaca dan wartawan untuk lebih cermat dalam membaca pemberitahuan yang terdapat di media, dan mempertahankan kinerja dan senantiasa objektif dan berimbang, serta megutamakan kebenaran informasi yang didapat dan penekanan pada evaluasi kegiatan jurnalistik penting untuk selalu diperhatikan, dari hal tersebut akan diketahui apa saja kekurangan yang terdapat pada suatu pemberitaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:21
Last Modified: 10 Jun 2017 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27780

Actions (login required)

View Item View Item