PENGARUH FINANCIAL WELLNESS, FINANCIAL SATISFACTION, DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP FINANCIAL WELLBEING DENGAN FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Suatu Studi pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Lima Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung)

Winna Maula Intan Agustine, 134020173 (2017) PENGARUH FINANCIAL WELLNESS, FINANCIAL SATISFACTION, DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP FINANCIAL WELLBEING DENGAN FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Suatu Studi pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Lima Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img] Text
COVER.doc

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.doc

Download (594kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (649kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (49kB)

Abstract

ABSTRAK Kesejahteraan merupakan keadaan di mana seseorang merasa nyaman, tentram, bahagia, serta dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Kesejahteraan keuangan dapat dicapai dengan pengelolaan keuangan yang menciptakan kondisi keuangan yang sehat, rasa kepuasan akan uang yang dimiliki, dan perilaku keuangan yang baik. Kesejahteraan keuangan juga harus ditunjang dengan literasi keuangan yang baik agar individu dapat menggunakan sumber daya uang dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesehatan keuangan, kepuasan keuangan, dan perilaku keuangan terhadap kesejahteraan keuangan dengan dimediasi oleh literasi keuangan pada Mahasiswa/i lima perguruan tinggi swasta di Kota Bandung. Pemilihan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada metode proportional stratified sampling, dimana pengambilan sampel ditentukan berdasarkan kategori perguruan tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/i semester 6 dan 8 pada lima perguruan tinggi swasta di Kota Bandung yang tinggal sendiri/kost. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 287 responden. Perhitungan statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Analisis verifikatif terdiri dari uji asumsi klasik, analisis jalur, analisis regresi (uji t), dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari kesehatan keuangan, kepuasan keuangan, dan perilaku keuangan terhadap kesejahteraan keuangan dengan dimediasi oleh literasi keuangan. Kata Kunci : Kesehatan Keuangan, Kepuasan Keuangan, Perilaku Keuangan, Literasi Keuangan, Kesejahteraan Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:36
Last Modified: 09 Jun 2017 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27759

Actions (login required)

View Item View Item