Merancang Rute/jalur Distribusi Beras Di Wilayah Cimahi Untuk Perum Bulog Gudang Cimindi Menggunakan Metode Saving Clark-Wright.

FAUZAN WAHYUDI, 123010219 and Wahyu Katon, DS and Tjutju Tarliah.D, DS (2017) Merancang Rute/jalur Distribusi Beras Di Wilayah Cimahi Untuk Perum Bulog Gudang Cimindi Menggunakan Metode Saving Clark-Wright. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perjalanan perum bulog dimulai pada saat dibentuknya bulog pada tanggal 10 Mei 1967 berdasarkan keputusan presidium kabinet No.114/U/Kep/5/1967, dengan tujuan pokok untuk mengamankan penyediaan pangan dalam rangka menegakkan eksistensi pemerintahan baru. Selanjutnya direvisi melalui keppres No. 39 tahun 1969 tanggal 21 Januari 1969 dengan tugas pokok melakukan stabilisasi harga beras, dan kemudian direvisi kembali melalui keppres No 39 tahun 1987, yang dimaksudkan untuk menyongsong tugas bulog dalam rangka mendukung pembangunan komoditas pangan yang multi komoditas. Perubahan berikutnya dilakukan melalui keppres No. 103 tahun 1993 yang memperluas tanggung jawab bulog mencakup koordinasi pembangunan pangan dan meningkatkan mutu gizi pangan, yaitu ketika Kepala bulog dirangkap oleh menteri negara urusan pangan. Proses pendistribusian beras di kawasan Cimahi oleh Perum bulog gudang Cimindi saat ini memiliki kendala dalam permasalahan rute. Terdapat 14 titik distribusi (desa/kelurahan) yang ada diwilayah Cimahi, dimana di titik distribusi tersebut terdapat kelompok masyarakat yang berhak untuk bisa mendapatkan beras bersubsidi. luasnya titik-titik distribusi di wilayah Cimahi ini tentu menjadi masalah yang harus bisa diselesaikan, mengingat perum bulog sampai saat ini belum memiliki acuan desain rute yang jelas untuk proses penyaluran beras. Maka permasalahan pada penelitian ini adalah mengenai Vehicle Routing Problem (VRP). Proses penyelesaian permasalahan VRP pada penelitian ini diselesaikan dengan menggunakan metode saving clarke-wright. Dimana langkah-langkah dari metode ini yaitu dengan memperhatikan kapasitas dari kendaraan yang dipakai dalam mendistribusikan beras, . Setelah dilakukannya proses perhitungan, maka didapatkanlah hasil rute yang terbentuk yaitu rute utama 28 dan rute tambahan 9, maka total pembentukan rute yaitu sebanyak 37 rute, yang terdiri dari 14 titik distribusi (desa/kelurahan) yang ada diwilayah Cimahi. Total dari 37 rute distribusi ini dengan menggunakan kendaraan truk berkapasitas 8000 kg. Dimana hasil dari penelitian ini dapat dipertimbangkan oleh perum bulog gudang Cimindi sebagai acuan distribusi beras untuk wilayah Cimahi. Kata Kunci :Distribusi Beras di Perum Bulog Gudang Cimindi, Vehicle Routing Problem (VRP), Metode Saving Clarke-wright.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 08 Jun 2017 03:14
Last Modified: 08 Jun 2017 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27705

Actions (login required)

View Item View Item