Menentukan Nilai Parameter Terbaik Dalam Metode Insertion-11 Untuk Menyelesaikan Persoalan VRPTW.

YOGA HASBI NURHAKIM, 123010221 and Tjutju Tarliah.D, DS and Mohammad Syarwani, DS (2017) Menentukan Nilai Parameter Terbaik Dalam Metode Insertion-11 Untuk Menyelesaikan Persoalan VRPTW. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I yoga.pdf

Download (53kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Permasalahan vehicle routing problem with time windows (VRPTW ) merupakan masalah penting dalam manajemen logistik. Pada dasarnya persoalan ini adalah menentukan rute sejumlah kendaraan dengan kapasitas tertentu untuk mengirim komoditas kepada customer dengan kondisi dimana setiap customer telah menentapkan batasan awal dan akhir pengiriman. Pada penelitian ini akan membahas metode heuristik untuk menyelesaikan persoalan VRPTW, metode heuristik yang digunakan adalah InsertionHeuristik-I1, dimana dalam metode InsertionHeuristik-I1 solusi terhadap kriteria jarak dan waktu yang diperoleh akan dipengaruhi oleh nilai parameter µ, , , dan λ yang digunakan namun tidak ada rumusan yang menentukan berap nilai parameter terbaik untuk digunakan agar memperoleh solusi terbaik, oleh karena itu perlu dilakukan percobaan mengubah nilai parameter dengan nilai yang berbeda untuk setiap parameter pada persoalan dengan kondisi data tertentu. Percobaan yang dilakukan yaitu dengan cara merubah niali parameter sesuai skenario yang telah dibuat untuk menyelesaikan persoalan VRPTW dengan kapasitas kendaraan 30 unit dan 20 unit, peroses perhitungan yang dilakukan sebanyak 486 kali proses perhitungan dengan besaran ongkos diasumsikan proposional terhadap jarak dan waku. Hasil pengolah data didapatkan jarak terpendek untuk perubahan parameter dengan kapasitas kendaraan 30 unit adalah 106.8 km dengan perubahan parameter yang bervarian sebayak 38 perubahan parameter, dan untuk kapasitas kendaraan 20 unit jarak terpendek yang dudapatkan adalah 109.1 km dengan perubahan parameter yang bervarian sebanyak 38 perubahan parameter. Kata kunci: vehicle routing, time window, heuristik, InsertionHeuristik-I1

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 07 Jun 2017 01:17
Last Modified: 07 Jun 2017 01:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27653

Actions (login required)

View Item View Item