Nina Hanani, NPM : 158060012 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI METODE PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING. Thesis(S2) thesis, unpas.
Text
Nina Hanani.docx Download (62kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis serta kemandirian belajar siswa SMA antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional di SMA Al Muttaqin Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini dipilih dua kelas dari kelas XII MIPA. Kelas eksperimen mendapatkan model pembelajaran dengan metode Snowball Throwing sedangkan kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Pengumpulan data digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, angket kemandirian belajar siswa, pedoman observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing tidak lebih baik atau sama dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Kemandirian belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing tidak lebih baik atau sama dengan metode konvensional. Terdapat hubungan positif antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa, antara kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar siswa, namun tidak terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman dan kemandirian belajar siswa. Kata kunci : Metode Snowball Throwing, pemahaman matematis, komunikasi matematis, kemandirian belajar
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 06:37 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 06:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27643 |
Actions (login required)
View Item |