NurAmaliyah, 132050029 (2017) FUNGSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN SISWI KELAS 2 SMPIT-TQ MA’HAD IHYA ASSUNNAH TASIKMALAYA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
Cover.docx Download (63kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK 2 Bahasa.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (62kB) |
|
Image
Lembar Pengesahan.jpg Download (71kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (14kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “FUNGSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN SISWI KELAS 2 SMPIT-TQ MA’HAD IHYA ASSUNNAH TASIKMALAYA” dimana objek dari penelitian ini adalah SMPIT-TQ Ma’had Ihya Assunnah Tasikmalaya. Dan siswi kelas 2 sebagai responden. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 64 orang. Tujuan dari disusunnya skripsi ini adalah untuk mengetahui fungsi komunikasi interpersonal guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran siswi kelas 2 SMPIT-TQ Ma’had Ihya Assunnah Tasikmalaya, hambatan-hambatan yang dialami guru tahfidz dalam memberikan motivasi pada siswinya, juga usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Teori yang digunakan adalah Self Disclosure Theory atau teori pembukaan diri. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam metode penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa tahapan yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara penyebaran angket kepada responden, observasi, dan wawancara dengan guru tahfidz kelas 2 SMPIT-TQ Ma’had Ihya Assunnah Tasikmalaya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, komunikasi interpersonal yang dilakukan guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi siswinya termasuk dalam kategori baik. Namun masih terdapat beberapa hambatan, diantaranya kurang terbukanya siswi kepada guru tahfidz dan kurang maksimalnya komunikasi interpersonal guru tahfidz. Rekomendasi peneliti agar guru tahfidz lebih intens dalam menjalin komunikasi interpersonal dengan siswinya melalui sifat jujur dan saling terbuka sehingga tercipta kepercayaan diantara keduanya. Dengan begitu, guru tahfidz akan lebih mudah dalam memberikan motivasi untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran siswinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 03:35 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27604 |
Actions (login required)
View Item |