ENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN PENGETAHUAN MANAJER TERHADAP KEBERHASILAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survei pada Direktorat Keuangan di PT. Kereta Api Indonesia)

Aliza Maulida Fauzya, 134020046 (2017) ENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN PENGETAHUAN MANAJER TERHADAP KEBERHASILAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survei pada Direktorat Keuangan di PT. Kereta Api Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img] Text
Cover Judul dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh komitmen organisasi dan pengetahuan manajer terhadap keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi dan dampaknya terhadap kualitas laporan keuangan pada Direktorat Keuangan di PT. Kereta Api Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi empiris dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan probability sampling dengan metode proportionate stratified random sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, uji f serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya populasi penelitian adalah 83 orang yang merupakan top dan middle manajer pada Direktorat Keuangan di PT. Kereta Api Indonesia. Sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah 45 orang manajer dengan sumber data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa komitmen organisasi berpengaruh terhadap keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi sebesar 23,7%, pengetahuan manajer berpengaruh terhadap keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi sebesar 27,5%, keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 31,8%, komitmen organisasi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan keuangan sebesar 20,9% dan pengetahuan manajer tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 5,6%. Kata kunci : Komitmen Organisasi, Pengetahuan Manajer, Keberhasilan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 05 Jun 2017 08:46
Last Modified: 05 Jun 2017 08:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27568

Actions (login required)

View Item View Item