PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Subang )

Wiwin Windasari, 134020203 (2017) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Subang ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img] Text
cover 1.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (725kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument kuesioner. Penelitian ini menggunakan data primer. Subjek penelitian ini adalah satu dinas pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Subang dan objek penelitiannya yaitu kompetensi sumber daya manusia, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis yang diolah dengan menggunakan program SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secara parsial besarnya pengaruh kompetensi sumber daya manusia sebesar 42,2% dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah sebesar 26,3% terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. (2) secara simultan kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 68,5%, sedangkan sisanya sebesar 31,5% merupakan pengaruh faktor lain di luar variabel independen yang diteliti. Seperti Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan sistem pengendalian intern pemerintah. Kata Kunci: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:41
Last Modified: 05 Jun 2017 04:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27523

Actions (login required)

View Item View Item