AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN BANDUNG

EVA SYARAH, 132010005 (2017) AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)
[img]
Preview
Image
lembar persetujuan.JPG

Download (54kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Akuntabilitas Pelayanan Publik (pelayanan E-KTP) di Kantor Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Akuntabilitas Pelayanan Publik (pelayanan E-KTP) yang dilaksanakan oleh Kantor Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Camat, Kepala Seksi Pemerintah, Operator Pelayanan E-KTP serta beberapa masyarakat. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis sebelum dilapangan, analisis selama dilapangan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk mewujudkan akuntabilitas pelayanan publik dengan menggunakan prinsip-prinsip peyelenggaraan pelayanan publik menurut Mahmudi dengan indikator : Kesederhanaan prosedur, kejelasan (Persyaratan dan Biaya), kepastian waktu, akurasi produk pelayanan, kelengkapan sarana dan prasarana, keamanan, tanggungjawab, kemudahan akses, kenyamanan . Hasil penelitian berdasarkan indikator tersebut menunjukan bahwa Akuntabilitas Pelayanan Publik ( pelayanan E-KTP) di Kantor Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, karena masih ada beberapa hal yang perlu di lakukan pembenahan yaitu dalam hal kejelasan persyaratan dan biaya, kepastian waktu, kelengkapan sarana dan prasarana, kedisiplinan, keramahan dan kesopanan, serta kenyamanan yang masih menjadi permasalahan dalam proses pelayanan publik. Dalam pelaksanaan akuntabilitas pelayanan publik dikantor Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung tersebut memiliki faktor pendukung seperti : SDM (petugas pelayanan) yang kompeten, tersedianya sarana prasarana perekaman data dan alat pencetakan E-KTP. Selain itu terdapat faktor penghambat sehingga perlu dilakukan pembenahan, hambatan tersebut seperti : masih terjadi penyimpangan terhadap biaya pelayanan, tidak adanya kepastian waktu penyelesaian pelayanan E-KTP, sarana prasarana yang masih menjadi hambatan seperti jaringan LAN yang tidak terhubung saat proses pelayanan E-KTP, keterbatasan blangko, keterbatasan kursi dan ruang tunggu yang masih sempit, kedisiplinan pegawai yang belum terlaksana dengan baik serta kesadaran masyarakat yang masih kurang peduli tentang pelayanan E-KTP. Kata Kunci : Akuntabilitas, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 31 May 2017 06:24
Last Modified: 31 May 2017 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27458

Actions (login required)

View Item View Item