CHANDRA PURNAMA, NPM : 158080009 (2017) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI (Studi DeskriptifKualitatifPadaPolaKomunikasiOrganisasiPT Pikiran Rakyat) ORGANIZATIONAL COMMUNICATION PATTEN (Descriptive Qualitative Study of Organizational Communication in PT Pikiran Rakyat). Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
Chandra.docx Download (1MB) |
Abstract
Organisasi PT Pikiran Rakyat yang merupakanorganisasipenyebaraninformasimelalui media cetak yang mempunyaivisi, misi, tujuanserta program kerja yang jelasdengankegiatandalambidangpendidikan, ekonomidansosialbudaya.Dalammenjalankanorganisasinya PT Pikiran Rakyat yang berkewajibanmensukseskantujuannasionalyaitumewujudkanmasyarakatadilmakmursecarameratasertaberkesinambunganantaramaterildan spiritual sertauntukmelaksanakan program kerja yang telahdibuatpadasetiaptahunnya.OlehkarenaitupenelititertarikuntukmembuatjudultesisPolaKomunikasiOrganisasi PT Pikiran Rakyat.Penelitiandilakukan di kantorpusatpikiranrakyat, jalan Asia Afrika No. 77 Bandung. Metodepenelitian yang digunakanadalahstudideskriptifkualitatif.Pengerjaanstudideskriptifkualitatifmencakupsuatusituasi yang secarakeseluruhanberbeda.Dalammelakukanobservasiterhadapkegiatan, penelitimencampuriduniasubjek yang akandiselidiki. Penelitianinimencobamenjawabtentang 1).Polakomunikasi formal di lingkunganpegawai PT Pikiran Rakyat 2).Polakomunikasi informal di lingkunganpegawai PT Pikiran Rakyat. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwadalam 1).Komunikasi formal : a. komunikasikeatasmengalirdaritingkatstrukturalpaling rendahyaitupegawaiketingkatstruktural paling tinggiyaitupimpinan, aruspesanberisikantentanglaporanpekerjaandanpenyelesaianmasalah, b. komunikasikebawahmengalirdaritingkatstruktural paling tinggiyaitupimpinanketingkatstruktural paling rendahyaitupegawai, aruspesanberisikaninstruksipekerjaandaninformasilainnyamengenaikinerjapegawai, c. komunikasi horizontal mengalir di antarastruktural yang sejajar/sederajat, aruspesanberisikanpertukaraninformasi, pemecahan masalah koordinasi, penyelesaian konflik dan desas-desus.2). Polakomunikasi informal di PT Pikiran Rakyat lebihbanyaktatapmuka/secaralangsung, daripadamenggunanakan media handphone.Komunikasiinformal terjadidiluar jam kerja, aruspesanberisikanpertukaraninformasimengenaipekerjaandanpenyelesaianmasalah yang terjadi di kantor. Kata Kunci : Polakomunikasiorganisasi, PT Pikiran Rakyat, komunikasi formal, upward communication, downward communication, horizontal communication, komunikasi informal
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 30 May 2017 06:17 |
Last Modified: | 30 May 2017 06:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27434 |
Actions (login required)
View Item |