FAKTOR DETERMINAN YANG MEMENGARUHI KINERJA PERAWAT YANG DI MEDIASI MOTIVASI KERJA PERAWAT (STUDI PADA PELAPORAN IKP DENGAN PENDEKATAN METODE CAMPURAN DI RSIA LIMIJATI BANDUNG)

Marice Eva Wisna Silaban, NPM : 158020004 (2017) FAKTOR DETERMINAN YANG MEMENGARUHI KINERJA PERAWAT YANG DI MEDIASI MOTIVASI KERJA PERAWAT (STUDI PADA PELAPORAN IKP DENGAN PENDEKATAN METODE CAMPURAN DI RSIA LIMIJATI BANDUNG). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Marice Eva.docx

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris Faktor Determinan Yang Memengaruhi Kinerja Perawat Yang Dimediasi oleh Motivasi Perawat Dalam Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien di RSIA Limijati Bandung. Melalui penelitian ini dapat diketahui faktor apa saja yang paling berpengaruh terhadap kinerja perawat sehingga dapat menjadi sumbangan pemikiran dalam pengembangan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien di RSIA Limijati khususnya peningkatan kinerja perawat dalam pelaksanaan Sasaran Kselamatan Pasien (SKP) dan meningkatkan motivasi perawat dalam pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Limijati Bandung menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif yang dilanjutkan dengan wawancara mendalam untuk pendekatan kualitatif. Analisis data di lakukan dengan analisis deskriftif dan analisis verifikatif yang dilanjutkan dengan analisis jalur (Path Analysis) , yang dilanjutkan dengan wawancara mendalam utuk faktor yang paling ekstrim.Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret 2017. Hasil penelitian menunjukkan faktor individu, organisasi dan sistem pelaporan secara simultan terhadap motivasi. Jika secara partial, hanya faktor organisasi yang berpengaruh signifikan terhadap motivasi sebesar 13,2% .Secara simultan faktor individu, faktor organisasi, sistem pelaporan dan motivasi memiliki pengaruh 51,8% terhadap kinerja perawat.Namun secara partial faktor individu berpengaruh signifikan terhadap kinerja perawat dengan total pengaruh 11,9%, faktor organisasi berpengaruh signifikan tehadap kinerja perawat dengan total pengaruh 37,4%. Sementara sistem pelaporan dan motivasi tidak memberi pengaruh yang signifikan dengan kinerja perawat dalam pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien. Hasil penelitian kualitatif adalah struktur organisasi yang kurang sesuai, perlu penegasan uraian tugas dan kualifikasi jabatan, pola transfer of knowledge yang belum maksimal serta daftar tilik monitoring SKP yang belum ada. Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan perubahan yang dapat membantu manajemen untuk meningatkan kinerja perawat dalam pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien serta meningkatkan motivasi perawat dalam pelaporan Insiden Keselamatan Pasien di RSIA Limijati Bandung Kata Kunci : Motivasi, Kinerja, Insiden Keselamatan Pasien,Sasaran Keselamatan Pasien, Organisasi, Sistem Pelaporan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 30 May 2017 02:55
Last Modified: 30 May 2017 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27419

Actions (login required)

View Item View Item