KAJIAN YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN KASUS PENCABULAN TERHADAP ANAK DITEMPAT PENGOBATAN TRADISIONAL/ ALTERNATIF DIKABUPATEN BANDUNG DIHUBUNGKAN DENGAN UU NO 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

Nurullita Fatmawardi, NPM : 131000403 (2017) KAJIAN YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN KASUS PENCABULAN TERHADAP ANAK DITEMPAT PENGOBATAN TRADISIONAL/ ALTERNATIF DIKABUPATEN BANDUNG DIHUBUNGKAN DENGAN UU NO 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNPAS.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB 2.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
H. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
I. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
J. BAB 5.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Pencabulan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang didorong oleh keinginan seksual untuk melakukan hal-hal yang dapat membangkitkan hawa nafsu, sehingga menimbulkan kepuasan pada dirinya. Perbuatan pidana adalah perbuatan yang dilarang oleh suatu aturan hukum, larangan mana disertai dengan ancaman atau sanksi yang berupa pidana tertentu. Adapun tujuan saya melakukan penelitian masalah tersebut yaitu, Untuk mengetahui apakah sudah tepat penerapan hukum terhadap perbuatan pelaku tindak pidana pencabulan di dalam putusan Pengadilan Negeri Bale Bandung, Untuk mengetahui apakah yang menyebabkan penyalahgunaan Pengobatan Tradisional/Alternatif terhadap pencabulan anak dan Untuk mencari solusi pemecahan masalah untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencabulan terhadap anak. Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Deskriptif Analistis yaitu penelitian yang dilakukan untuk memberikan data tentang suatu keadaan atau gejala yang terjadi, serta dengan menggunakan pendekatan Yuridis Normatif yaitu menggunakan Peraturan Perundang-undangan yang dihubungan dengan data Primer dan Sekunder yang berasal dari literatur hukum untuk membahas permsalahan hukum yang diajukan penulis. Menurut peneliti menyimpulkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa penerapan hukum terhadap perbuatan pelaku kasus pencabulan terhadap anak ditempat pengobatan tradisional/alternatif sudah tepat dan sesuai dengan isi pasal 82 undang-undang no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan memenuhi semua unsur yang ada didalam pasal tersebut dan penyalahgunaan tempat berobat tradisional/altermnatif dikarenakan anak yang menjadi korban tidak paham dengan perbuatan cabul dan anak pun diancam oleh pelaku untuk tidak memberitahukan kepada siapapun dengan ancaman tersebut membuat anak menjadi takut. Sebaiknya orang tua dan dinas kesehatan beserta pemerintah lebih mengawasi anak dan memberikan pembelajaran positif mengani sex sebagai wawasan anak agar tidak menajdi korban pencabulan itu menjadi tanggung jawab orang tua dan dinas kesehatan beserta pemerintah harus lebih mengawasi tempattempat pengobatan tradisional/alternatif yang tidak memiliki izin praktek.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2017
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 30 May 2017 03:01
Last Modified: 30 May 2017 03:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27418

Actions (login required)

View Item View Item