PERBUATAN MELAWAN HUKUM OLEH LAZADA INDONESIA DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NO. 19 TAHUN 2016 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Gilang Riza Risqiandi, NPM : 121000052 (2017) PERBUATAN MELAWAN HUKUM OLEH LAZADA INDONESIA DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NO. 19 TAHUN 2016 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNPAS.

[img]
Preview
Text
A.cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D.Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.bab 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.bab 2.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
H.bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
I.bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
J.bab 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
K.daftar pustaka.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah tentang pelanggaran dalam bertransaksi dengan media internet melalui situs jual beli online oleh pelaku usaha kepada konsumen. Mengingat kebutuhan akan barang yang makin mudah diperoleh melalui internet sehingga konsumen memesan barang dengan mudah dan cepat. Adanya kesalahan dan kelalaian dalam memberikan informasi yang benar dari pelaku usaha sementara transfer sejumlah uang telah dilakukan namun kemudian transaksi dibatalkan secara sepihak oleh penjual dan menolak mengembalikan uang pembelian secara tunai sehingga menimbulkan kerugian bagi konsumen itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepastian hukum atas suatu perbuatan melawan hukum dalam transaksi elektronik di internet berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Untuk mengetahui upaya hukum dalam hal salah satu pihak (konsumen) dirugikan dalam transaksi elektronik di internet. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat memaparkan dan menjelaskan yang bertujuan untuk mendeskriptifkan atau menggambarkan secara sistematis, faktual, akurat dan lengkap tetang keadaan hukum yang berlaku di suatu tempat. Dengan menggunakan metode pendekatan normatif yaitu mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai norma atau kaidah yang berlaku dalam masyarakat, dan menjadi acuan perilaku bagi semua orang. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kepastian hukum atas suatu perbuatan melawan hukum dalam transaksi elektronik di internet berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan upaya hukum jika konsumen dirugikan dapat melalui cara litigasi dan non litigasi sesuai dengan tingkat kerugian yang dialami baik pelaku usaha maupun konsumen. Kata Kunci : Internet, Transaksi Elektronik, Transaksi, Kepastian Hukum, Upaya Hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2017
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 29 May 2017 02:30
Last Modified: 29 May 2017 02:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27377

Actions (login required)

View Item View Item