IMPLEMENTASI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) 2015 ELEMEN PASAR TUNGGAL DAN BASIS PRODUKSI SEKTOR ARUS BEBAS TENAGA KERJA TERAMPIL DI INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 38 TAHUN 2008 TENTANG PENGESAHAN CHARTER OF THE ASSOCIATION OF SOUTHEAST ASIAN NATIONS (PIAGAM PERHIMPUNAN BANGSA-BANGSA ASIA TENGGARA

Jaya Ahmad Nurjaman, NPM : 131.000.073 (2017) IMPLEMENTASI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) 2015 ELEMEN PASAR TUNGGAL DAN BASIS PRODUKSI SEKTOR ARUS BEBAS TENAGA KERJA TERAMPIL DI INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 38 TAHUN 2008 TENTANG PENGESAHAN CHARTER OF THE ASSOCIATION OF SOUTHEAST ASIAN NATIONS (PIAGAM PERHIMPUNAN BANGSA-BANGSA ASIA TENGGARA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Kerjasama ekonomi Negara-negara di kawasan ASEAN dimulai dengan disahkannya Deklarasi Bangkok pada tahun 1967 yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan budaya. Dalam dinamika perkembangannya, kerjasama ekonomi ASEAN diarahkan pada pembentukan Komunitas Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community) yang pelaksanaannya berjalan relatif lebih cepat dibandingkan dengan kerjasama dibidang politik-keamanan dan sosial budaya. Pelaksanaan AEC elemen pasar tunggal dan basis produksi di sektor arus bebas tenaga kerja terampil memastikan terbukanya kesempatan untuk bekerja seluas-luasnya bagi warga Negara ASEAN. Para warga Negara dapat keluar dan masuk dari suatu Negara ke Negara lain untuk mendapatkan pekerjaan tanpa adanya hambatan di Negara yang dituju. Negara-negara ASEAN telah menandatangani MRA (Mutual Recognition Arrangements) untuk 6 bidang pekerjaan, yaitu : (1) bidang teknik/keinsiyuran, (2) bidang keperawatan, (3) bidang arsitektur, (4) bidang tenaga medis, (5) bidang surveyor, dan (6) bidang pariwisata. Tujuan dari penandatanganan kesepakatan tersebut adalah agar setiap Negara anggota ASEAN memiliki standar yang diakui oleh semua Negara anggota ASEAN, dalam pelaksanaan AEC elemen pasar tunggal di sektor arus bebas tenaga kerja terampil. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Deskriftif Analisis, yaitu metode penelitian dengan mengungkapkan masalah, mengelola data, menganalisis, meneliti, dan menginterpretasikan serta membuat kesimpulan dan memberi saran yang kemudian disusun pembahasannya secara sistematis sehingga masalah yang ada dapat dipahami. Pembahasan tenaga kerja dalam AEC Blueprint sebagai pedoman dalam pelaksanaan AEC dibatasi pada pengaturan khusus tenaga kerja terampil (skilled labor) dan tidak terdapat pembahasan mengenai tenaga kerja kurang terampil (semi-skilled labor) dan tenaga kerja tidak terampil (unskilled labor). Berdasarkan analisis data Labor Force Survey (LFS) yang dilakukan oleh International Labor Organization (ILO) pada tahun 2008, sebagian besar tenaga kerja Indonesia adalah unskilled, yakni sebesar 69%, sedangkan tenaga kerja Indonesia yang skilled sebesar 9,5% dan semi-skilled sebesar 21%. Maka dari itu, daya saing tenaga kerja dan produktivitas tenaga kerja Indonesia dalam konsep tenaga kerja terampil (skilled labor) dalam pelaksanaan AEC masih rendah dan kalah dari Negara-negara anggota ASEAN lainnya. Masyarakat Indonesia yang bekerja di dalam negeri dan di luar negeri masih banyak yang bekerja sebagai tenaga kerja kurang terampil (semi-skilled labor) dan tenaga kerja tidak terampil (unskilled labor). Kata Kunci : Organisasi Internasional, Perjanjian Internasional, ASEAN, ASEAN Economy Community (AEC), Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2017
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 24 May 2017 04:12
Last Modified: 24 May 2017 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27349

Actions (login required)

View Item View Item