PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2011-2015)

Tedi Supriyadi, 134020273 (2017) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2011-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO+Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi bab 1.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan (timeliness) merupakan karakteristik yang penting bagi laporan keuangan. Hal ini dikarenakan ketepatan waktu sangat berpengaruh langsung pada reaksi pasar, tingkat kepastian dan kualitas keputusan yang dibuat berdasarkan informasi yang dipublikasikan. Ketepatan Waktu Keuangan Penyampaian Laporan Keuangan telah diatur dalam pemerintah sesuai dengan Nomor : KEP-431/BL/2012 dengan lampiran Nomor K.X.6 yang menyatakan bahwa laporan keuangan tahunan disertai laporan akuntan dengan pendapat yang lazim harus disampaikan kepada kantor tersebut selambat-lambatnya pada akhir bulan keempat (Seratus Dua Puluh Hari) setelah laporan keuangan tahunan. Tetapi masih terdapat perusahaan-perusahaan yang tidak menyampaikan laporan keuangan dengan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 periode yaitu 2011-2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia . Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan sampel. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah dokumentasi. Alat analisis yang dipergunakan adalah analisis data regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial ukuran dewan komisaris dan dewan komisaris independen berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampian laporan keuangan, sedangkan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan komite audit tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampian laporan keuangan. Mekanisme good corporate governance secara simultan berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Kunci : ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit, mekanisme good corporate governance, ketepatan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 22 May 2017 07:53
Last Modified: 22 May 2017 07:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27333

Actions (login required)

View Item View Item