PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

ROFI DORI SETIADI, 124020061 (2017) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 Abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peringkat obligasi yang dikeluarkan oleh agen pemeringkat membantu investor dalam menyeleksi obligasi. Peringkat yang dikeluarkan memberikan sinyal kepada investor atas kualitas dan resiko suatu obligasi. Agen pemeringkatan menilai perusahaan dari berbagai aspek, seperti faktor keuangan dan non keuangan yang dapat mempengaruhi investasi pada obligasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh rasio keuangan (profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas) terhadap peringkat obligasi. Peringkat obligasi merupakan salah satu yang harus dipertimbangkan oleh investor sebelum melakukan investasi obligasi. Hal ini dikarenakan peringkat obligasi memberikan pernyataan yang informatif dan memberikan signal mengenai probabilitas kegagalan hutang suatu perusahaan. Dalam proses penilaian peringkat obligasi, agen pemeringkat menilai perusahaan dari berbagai aspek, salah satunya adalah data keuangan perusahaan. Analisis laporan keuangan yang berupa analisis rasio keuangan dan perhitungan statistik dapat digunakan untuk mendeteksi under or overvalued suatu sekuritas. Penelitian mengenai peringkat obligasi di Indonesia masih jarang dilakukan dan hasil penelitian yang berhasil ditemukan menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu dilakukan ulang penelitian yang menguji kemampuan rasio keuangan dalam memprediksi peringkat obligasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik pengaruh profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas terhadap peringkat obligasi pada perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang menerbitkan obligasi yang beredar di Bursa Efek Indonesia dan diperingkat oleh PT. PEFINDO periode 2011-2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 7 sampel perusahaan keuangan yang memenuhi kriteria. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan dan database peringkat obligasi PT. PEFINDO. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif dengan bantuan aplikasi SPSS 21. Analisis verifikatif yaitu model logit, koefisien Determinasi Nagelkerke’s R Square, Chi-Square, dan Uji Wald. Hasil penelitian membuktikan bahwa variable profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi. Kata Kunci : Peringkat Obligasi, Profitabilitas, likuiditas, dan Solvabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 22 May 2017 06:42
Last Modified: 22 May 2017 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27330

Actions (login required)

View Item View Item