PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK PEMILIHAN SUPPLIER SEPATU MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI TOKO DIANA

ILHAM SYAIFUL AKBAR, 123040180 and Sali Alas Majapahit, DS and Agus Hexagraha, DS (2017) PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK PEMILIHAN SUPPLIER SEPATU MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI TOKO DIANA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
123040180_abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
123040180_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040180.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Ketersediaan stok barang memegang peranan sangat penting dari seluruh rangkaian proses penjualan di suatu industri, karena jika tidak tersedianya stok barang maka rangkaian proses penjualan tidak akan bisa dilakukan. Untuk memiliki barang yang berkualitas baik dan bisa bersaing di pasaran , salah satu yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah menentukan supplier yang tepat untuk memasok barang sesuai kebutuhan perusahaan. Pemilihan supplier merupakan salah satu kegiatan yang penting pada suatu perusahaan karena supplier berperan penting terhadap harga, kualitas, pengiriman dan jasa dalam menyediakan bahan baku untuk perusahaan. Toko Diana adalah toko yang menjual berbagai macam sepatu kepada konsumen, untuk memenuhi kebutuhan sepatu yang akan dijual kepada konsumen, Toko Diana harus memilih supplier ketika ada pesanan model khusus dari pelanggan. Tujuan tugas akhir ini adalah membangun perangkat lunak pemilihan supplier untuk toko diana dengan menerapkan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) sebagai dasar untuk menghasilkan rekomendasi alternatif supplier yang akan dibutuhkan oleh toko diana. AHP atau yang biasa disebut Analytical Hierarchy Process merupakan metode pengambilan keputusan multi kriteria dan dapat digunakan untuk menghasilkan rekomendasi alternatif supplier bagi toko diana. Metode ini mengkombinasikan faktor-faktor kualitatif dan kuantitatif untuk menentukan prioritas, metode AHP ini lah yang akan digunakan dalam tahap menghasilkan rekomendasi alternatif supplier berdasarkan kriteria yang akan ditetapkan oleh pengguna aplikasi nantinya. Hasil dari tugas akhir ini adalah perangkat lunak pemilihan supplier sepatu yang dapat menghasilkan rekomendasi alternatif supplier berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh kepala bagian pengadaan toko diana. Kata Kunci : AHP, Analytical Hierarchy Process, pemilihan supplier, Aplikasi AHP, multi kriteria, rekomendasi alternatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 22 May 2017 03:25
Last Modified: 22 May 2017 03:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item