PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada SKPD di Kota Cimahi)

Rahmi Syifa Alifa, 134020315 (2017) PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada SKPD di Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, kapasitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada SKPD di Kota Cimahi. Pendekatan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan nonprobability sampling. Analisis statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi. Banyaknya populasi dan sampel penelitian ini adalah 37 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dengan sumber yang diperoleh melalui hasil pengisian kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, kapasitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah survey pada SKPD di Kota Cimahi. Secara parsial, besarnya pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 13,3% kemudian besarnya pengaruh kapasitas sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 24,5% dan besarnya pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 52,1%. Secara simultan, besarnya pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, kapasitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 89,9% dan sisanya 10,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis, yaitu audit laporan keuangan, Good Corporate Governance dan lain-lain. Kata Kunci: Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kapasitas sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 17 May 2017 08:23
Last Modified: 17 May 2017 08:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27293

Actions (login required)

View Item View Item