PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, EARNING POWER, DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Yuli Handayani, 134020281 (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, EARNING POWER, DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO dan ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Ukuran Perusahaan, Earning Power dan Mekanisme Corporate Governance yang terdiri dari Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015). Peneliti melakukan penelitian pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran perusahaan, earning power, dan mekanisme corporate governance yang terdiri dari kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan dewan komisaris independen terhadap manajemen laba. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Data diperoleh dari publikasi Indonesia Stock Exchange (IDX). Dimana populasi berjumlah 41 perusahaan dan sampel yang digunakan sebanyak 7 perusahaan petambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi parsial, koefisien determinasi dan pengolahan data dibantu dengan software SPSS V 23. Hasil uji statistik secara parsial menunjukan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Earning power berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Dewan komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, earning power, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 17 May 2017 04:48
Last Modified: 17 May 2017 04:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27290

Actions (login required)

View Item View Item