PERAN WORLD BANKDALAM INVESTASI DI SEKTOR TANAMAN DAN INDUSTRI MINYAK KELAPA SAWIT INDONESIA: ANALISIS TERHADAP INTERNATIONAL FINANCE CORPORATION (IFC)

Marisi Anggelina Simangunsong, 132030151 (2017) PERAN WORLD BANKDALAM INVESTASI DI SEKTOR TANAMAN DAN INDUSTRI MINYAK KELAPA SAWIT INDONESIA: ANALISIS TERHADAP INTERNATIONAL FINANCE CORPORATION (IFC). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Cover.docx

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (16kB)
[img] Text
Abstrak Sunda.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
Bab 1.docx.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Minyak kelapa sawit adalah salah satu minyak yang paling banyak dikonsumsi di dunia dengan harga yang murah dan stabil yang digunakan untuk berbagai variasi makanan, kosmetik, produk kebersihan dan sumber biodiesel. Indonesia yang dikenal sebagai produksi minyak kelapasawit dunia yang menghasilkan sekitar 85-90% dari total produksi minyak sawit dunia. Maka dari itu, Bank Dunia menawarkan kerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam pengembangan kelapa sawit baik yang dimiliki oleh negara, swasta dan petani kecil untuk di ekspor. Salah satu tugas Bank Dunia adalah menyediakan pinjaman dengan nilai preferensial kepada negara anggota untuk program pemberian modal di berbagai bidang seperti pendidikan, pertanian dan industri. Pinjaman dari Bank Dunia ini tentunya diikuti dengan persyaratan yang berlaku.Institusi Bank Duniayang paling fokus dalam investasi adalah International Finance Corporation (IFC) pada sektor tanaman dan industri minyak kelapa sawit. Tetapi pada dasarnya kehadiran Bank Dunia ini untuk mempromosikan dan memfasilitasi investasi luar negeridan program kerjanyayaitu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di negara berkembang seperti Indonesia dengan membiayai investasi sektor swasta, memobilisasi modal di pasar keuangan internasional, menyediakan jasa konsultasi kepada perusahaan dan pemerintah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran World Bank di sektor tanaman dan industri minyak kelapa sawit Indonesia, untuk mengetahui bentuk investasi World Bank di sektor tanaman dan industri minyak kelapa sawit Indonesia dan untuk mengetahui kerangka kerjaWorld Bank di sektor tanaman dan industri minyak kelapa sawit Indonesia. Sedangkan manfaat atau kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis, penelitian ini diharapkan berguna dan bermanfaat bagi para pembuat keputusan terutama pemerintah Indonesia dalam membuka hubungan kerjasama investasi dengan World Bank. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskripsi yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena mengenai peran World Bankmelalui International Finance Corporation(IFC) di sektor tanaman dan industri minyak kelapa sawit terutama di Indonesia secara sistematis untuk diteliti dan dicari pemecahan masalahanya. Deskripsi adalah upaya untuk menjawab pertanyaan siapa, apa, dimana, kapan atau berapa untuk melaporkan yang terjadi. Hasil penelitian ini adalah peran World Bankmelalui International Finance Corporation(IFC), investasi berkelanjutan di sektor tanaman dan industri minyak kelapa sawit Indonesia. Dalam investasi ini semua stake holder baik bank pemerintah, perusahaan dan petani kecil memiliki tujuan dasar yang sama yaitu keberlangsungan eksistensi laba.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 10 May 2017 06:33
Last Modified: 12 May 2017 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27271

Actions (login required)

View Item View Item