ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA PERAWAT BERBASIS BEBAN KERJADALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN (Studi Kasus Pada Instalasi Rawat Inap Al-ikhlas RSUD X)

NISA ULLATIFA, NPM 148020044 (2017) ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA PERAWAT BERBASIS BEBAN KERJADALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN (Studi Kasus Pada Instalasi Rawat Inap Al-ikhlas RSUD X). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
JURNAL1.docx

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis beban kerja tenaga perawat pada Instalasi Rawat Inap RSUD X, Faktor-faktor penghambat yang menjadi kendala dalam peningkatan kualitas, pelayanan pasien di Instalasi Al-ikhlas RSUD X, Jumlah kebutuhan tenaga perawat berbasis beban kerja dengan menggunakan WISN untuk meningkatkan kualitas palayanan pasien pada Instalasi Rawat Inap Al-ikhlas RSUD X, Kesenjangan tenaga perawat pada Instalasi Rawat Inap. Untuk Itu penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang diolah diperoleh dari data sekunder yang didapat dari situs internet dan lembaga/institusi yang kredibel sedangkan data primer diperoleh dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keperawatan langsung di RSUD X yaitu (38,1%) dan kegiatan keperawatan tidak langsung (48,3%). Proporsi waktu yang diperoleh dari komponen beban kerja kegiatan langsung dan kegaiatan tidak langsung sudah mencapai batas maksimal yaitu (86,4%). Perhitungan kebutuhan tenagan perawat berdasarkan beban kerja 44,76, tenaga perawat dengan rasio WISN 0,8.Hasil penelitian menyarankan bagi manajemen RSUD X untuk melakukan pengelolahan tenaga keperawatan secara optimal, untuk mencapai pelayanan keperawatan yang berkualitas mempertimbangkan beban kerja perawat sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan pasien. Kata Kunci : Analisis Baban Kerja, Kebutuhan Tenaga, WISN, Berkualitas

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 08 May 2017 06:23
Last Modified: 08 May 2017 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27262

Actions (login required)

View Item View Item