OPTIMASIINTERVAL PEMELIHARAAN PERIODIK BERDASARKAN ANALISA TERHADAP RELIABILITY, AVAILABILITY DAN MAINTAINABILITY (RAM) DI PLTA SAGULING

TOTO WARDOYO, NPM : 138030005 (2017) OPTIMASIINTERVAL PEMELIHARAAN PERIODIK BERDASARKAN ANALISA TERHADAP RELIABILITY, AVAILABILITY DAN MAINTAINABILITY (RAM) DI PLTA SAGULING. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
JURNAL_Unpas.docx

Download (464kB)

Abstract

Di dalam operasi dan pemeliharaan pembangkit listrik, faktor ketersediaan atau kesiapan adalah salah satu yang sangat penting untuk mengukur kinerja suatu pembangkit. Kinerja yang tinggi ini dapat dicapai jika kehandalan (reliability) dari pembangkit senantiasa dijaga pada nilai yang tinggi sehingga tingkat resiko kegagalan menjadi rendah. Namun hal ini membutuhkan sebuah interval dan durasi Preventif Maintenance (PM) yang maksimal. Di sisi lain biaya juga akan bertambah jika frekuensi PM ditingkatkan. Maka diperlukan keseimbangan antara tiga faktor ini kinerja, resiko dan biaya. Penelitian ini dimaksudkan untuk melakukanoptimasi interval dan durasi pemeliharaan periodik PLTA Saguling berdasarkan karakterikstik RAM (Reliability , Availability, Maintainability) yang disimulasikan dengan tiga model kebijakan anggaran operasional yaitu minimum syarat kehandalan, syarat anggaran maksimum dan minimalkantotal biaya untuk mencapai kehandalan optimal. Kata kunci: Reliability, Interval dan Durasi Pemeliharaan, Optimasi Biaya Pemeliharan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 26 Apr 2017 08:52
Last Modified: 26 Apr 2017 08:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27201

Actions (login required)

View Item View Item