KAJIAN KORELASI KONSENTRASI BUBUR LIDAH BUAYA (Aloe vera Linn) DAN PERBANDINGAN JENIS PENSTABIL (Carboxy Methyl Cellulose : Guar Gum) TERHADAP KARAKTERISTIK ES KRIM LIDAH BUAYA

Suryani Rizki, Alumni and Hervelly, DS and Yudi Garnida, DS (2017) KAJIAN KORELASI KONSENTRASI BUBUR LIDAH BUAYA (Aloe vera Linn) DAN PERBANDINGAN JENIS PENSTABIL (Carboxy Methyl Cellulose : Guar Gum) TERHADAP KARAKTERISTIK ES KRIM LIDAH BUAYA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
SKRIPSI Lengkap.docx

Download (582kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menentukan korelasi antara konsentrasi bubur lidah buaya dan perbandingan jenis penstabil dengan karakteristik es krim lidah buaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi bubur lidah buaya dan perbandingan jenis penstabil (Carboxy Methyl Cellulose : Guar Gum) terhadap karakteristik kimia, fisik dan organoleptik es krim lidah buaya. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mengetahui konsentrasi bubur lidah buaya terbaik yang digunakan dalam penelitian utama. Adapun untuk penelitian utama adalah mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi bubur lidah buaya dan perbandingan jenis penstabil (Carboxy Methyl Cellulose : Guar Gum) terhadap karakteristik kimia, fisik dan organoleptik es krim lidah buaya. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Regresi Linier Sederhana dengan ulangan sebanyak tiga kali. Rancangan perlakuan pada penelitian yang dilakukan terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas atau variabel prediktor dan variabel tidak bebas atau variabel respon. Variabel bebas (X) terdiri dari dua faktor yaitu konsentrasi bubur lidah buaya dengan tiga taraf, yaitu a1 = 35% (b/b), a2 = 40% (b/b), a3 = 45% (b/b) dan perbandingan jenis penstabil (Carboxy Methyl Cellulose : Guar Gum) terdiri dari tiga taraf, yaitu b1 = (1:1), b2 = (2:3), dan b3 = (3:2). Sedangkan variabel tidak bebas (Y) yaitu variabel yang terjadi karena variabel bebas terdiri dari kadar lemak, aktivitas antioksidan metode DPPH, overrun, resistensi pelelehan, dan uji organoleptik. Respon analisis terdiri dari analisis kimia (kadar lemak untuk semua perlakuan dan aktivitas antioksidan metode DPPH untuk sampel terpilih), analisis fisik (overrun dan resistensi pelelehan) dan uji organoleptik (aroma, rasa, tekstur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi bubur lidah buaya dan perbandingan jenis penstabil tidak berpengaruh terhadap karakteristik organoleptik es krim lidah buaya, dan pengaruh dan korelasi terhadap kadar lemak, aktivitas antioksidan, overrun, dan resistensi pelelehan. Kata kunci : lidah buaya, Carboxy Methyl Cellulose, Guar Gum, es krim.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 17 Apr 2017 03:53
Last Modified: 29 Mar 2022 04:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27173

Actions (login required)

View Item View Item