PENGARUH PERBANDINGAN KONSENTRASI JENIS BAHAN PENGISI GALENDO DAN JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DENGAN JENIS IKAN TERHADAP KARAKTERISTIK ABON IKAN

Rini Nurcahyawati Sundari, Alumni and ELA SUTRISNO, DS and Wisnu Cahyadi, DS (2017) PENGARUH PERBANDINGAN KONSENTRASI JENIS BAHAN PENGISI GALENDO DAN JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DENGAN JENIS IKAN TERHADAP KARAKTERISTIK ABON IKAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
TA-Rini Nurcahyawati Sundari-123020264.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Abon merupakan salah satu jenis makanan awetan berasal dari daging yang disuwir-suwir dengan berbentuk serabut atau dipisahkan dari seratnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan abon ikan yang bermutu serta mengetahui pengaruh dari perbandingan konsentrasi bahan pengisi galendo dan jamur tiram serta interaksi keduanya. Metode penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah menganalisis kadar protein, kadar lemak, kadar air, dan kadar abu dalam bahan baku. Penelitian utama yang dilakukan adalah respon organoleptik dengan metode uji hedonik dan respon kimia yang meliputi kadar protein, kadar lemak, kadar air, dan kadar abu. Tahapan penelitian pendahuluan terdiri dari penimbangan dan analisis bahan baku sesuai dengan metode analisis kadar air, kadar protein dan kadar lemak. Penelitian utama yaitu menentukan pengaruh perbandingan jenis bahan pengisi galendo dan jamur tiram putih (Pleurutus ostreatus) menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Tahapan penelitian utama terdiri dari penimbangan, pencucian,penyiangan I, pengukusan, penirisan, penyiangan II, pencabikan ikan, penghalusan bumbu, penumisan, pencampuran, penyangraian, dan pendinginan. Hasil penelitian pendahuluan analisis bahan baku didapatkan hasil analisis ikan lele mengandung kadar protein 17,24%, kadar lemak 4,6 %, kadar air 75,24% dan kadar abu 2,91%. Ikan patin mengandung kadar protein 15,80%, kadar lemak 0,99%, kadar air 82,38%, dan kadar abu 0,83 %. Ikan nila mengandung kadar protein 17,093%, kadar lemak 4,75%, kadar air 76,20% dan kadar abu 1,96%. Sedangkan galendo mengandung kadar protein 30,14%, kadar lemak 33,64%, kadar air 30,24% dan kadar abu 2,73%. Hasil dari analisis menunjukan bahwa perbandingan konsentrasi bahan pengisi galendo dan jamur dengan jenis ikan berpengaruh nyata terhadap tekstur, warna dan aroma. Interaksi antara jenis ikan dengan perbandingan konsentrasi bahan pengisi galendo dan jamur tidak berpengaruh nyata terhadap tekstur, aroma, warna, dan rasa. Perlakuan terpilih dari penelitian utama yaitu perlakuan a2b2 (Jenis Ikan Patin dengan perbandingan Galendo : Jamur 15 : 15) dengan kandungan kadar air 10,175%, kadar protein 10,145%, dan kadar lemak 28,099%. Kata Kunci : Abon Ikan, Ikan Lele, Ikan Nila, Ikan Patin, Galendo, Jamur Tiram Putih.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:59
Last Modified: 17 Apr 2017 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27166

Actions (login required)

View Item View Item