KAJIAN PENINGKATAN KARAKTERISTIK PERMEN JELLY DENGAN PERBANDINGAN EKSTRAK BIT (BETA VULGARIS l.) DENGAN GELATIN DAN LAMA PEMASAKAN YANG BERBEDA

Dina Nurfitriannisa, Alumni and Yusep Ikrawan, DS and Nana Sutisna Achyadi, Dosen (2017) KAJIAN PENINGKATAN KARAKTERISTIK PERMEN JELLY DENGAN PERBANDINGAN EKSTRAK BIT (BETA VULGARIS l.) DENGAN GELATIN DAN LAMA PEMASAKAN YANG BERBEDA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Dina Nurfitriannisa_123020382 (Tugas Akhir).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbandingan ekstrak bit dan gelatin terhaadap karakteristik permen jelly ekstrak bit dan menentukan lama pemasakan terbaik terhadap karakteristik permen jelly ekstrak bit, sehingga nantinya dapat menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan buah bit sebagai pangan fungsional dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Metode penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untukmenentukan perbandingan sukrosa dan glukosamenggunakanuji hedonic. Penelitian utama dilakukan untuk menentukan perbandingan ekstrak bit dengan gelatin dan lama pemasakan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK).Rancangan perlakuan terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor A (perbandingan ekstrak bit dengan gelatin)dan faktorB (lama pemasakan). Rancangan respon terdiri dari respon fisik yaitu tekstur (Penetrometri), respon kimia yaitupenentuan kadar gula total (Luff School), kadar air dan kadar vitamin C (Iodimetri), respon organoleptik terhadap warna, rasa, tekstur dan aroma (Uji Hedonik). Hasil penelitian yang didapat bahwa perbandingan ekstrak bit degan gelatin dan lama pemasakan berpengaruh terhadap rasa, dan tekstur pada permen jelly serta pada kadar gula total, kadar vitamin C, serta pada kekerasan. Interaksi antara perbandingan ekstrak bit dengan gelatin dan lama pemasakan berpengaruh terhadap kadar gula total, kadar vitamin C, serta pada kekerasan pada permen jelly.Produk terbaik yang didapatkan yaitu pada perlakuan a2b3 yaitu dengan perbandingan ekstrak bit dengan gelatin (1:1) dan lama Pemasakan (20’) dengan tekstur (kekerasan) 5.71mm/10det, kadar gula total 18.29%, kadar air 31.77% dan kadar vitamin C 131.331%. Kata Kunci : permen jelly,ekstrak bit, gelatin dan lama pemasakan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:55
Last Modified: 17 Apr 2017 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27165

Actions (login required)

View Item View Item