PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MENGGUNAKAN DESAIN DIDAKTIS BERDASARKAN KESULITAN BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Edi Supriyadi, NPM :148060071 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MENGGUNAKAN DESAIN DIDAKTIS BERDASARKAN KESULITAN BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA EDI SUPRIYADI 148060071.docx

Download (517kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini karena pentingnya kemampuan pemahaman matematis siswa di sekolah. Kemampuan pemahaman matematis memiliki peran penting dalam membentuk dan menunjang kemampuan-kemampuan matematis lainnya. Kemampuan matematis adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran, memberikan pengertian bahwa materi-materi yang diajarkan kepada siswa dapat mengerti akan konsep materi pelajaran itu sendiri. Peningkatan kemampuan yang masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar siswa yang berhubungan dengan pemahaman matematis siswa yang belajar dengan menggunakan desain didaktis lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional. Metode penelitian yangdigunakandalampenelitianiniadalahmixmethodyang berbentukmodelurutanpenemuan (SequentialExploratory). Perlakuan yang diberikan pada pembelajaran yang menggunakan desain didaktis berdasarkan kemampuan awal matematis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 30 Bandung dan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dan VIII.9 sebagai kelas kontrol. Instrumenyang digunakan dalampenelitianiniterdiridariinstrumentes, desaindidaktis,wawancara,dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa mengalami kesulitan pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengaan rerata sebesar 78,14%. Selain itu, kemampuan pemahaman matematis siswa pada kelas eksperimen secara signifikan lebih baik daripada kelas kontrol. Untuk perolehan skor gain ternormalisasi sebesar 0,393, di mana data gain kemampuan pemahaman kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Kata kunci: desain didaktis, pemahaman matematika, sistem persaman linear dua variabel

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 11 Apr 2017 08:05
Last Modified: 11 Apr 2017 08:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27158

Actions (login required)

View Item View Item