DETERMINAN FAKTOR PEMBENTUK BUDAYA ORGANISASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PELAYANAN (SURVEI PADA HOTEL BINTANG 3,4 DAN 5 DI WILAYAH BANDUNG RAYA)

ER UMMI KALSUM, NPM: 139010004 (2017) DETERMINAN FAKTOR PEMBENTUK BUDAYA ORGANISASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PELAYANAN (SURVEI PADA HOTEL BINTANG 3,4 DAN 5 DI WILAYAH BANDUNG RAYA). Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel ER Ummi Kalsum.doc

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena saat ini kinerja pelayanan hotel yang belum optimal padahal kinerja pelayanan yang baik merupakan salah satu tujuan utama hotel dalam pengelolaan bisnis untuk mendapatkan dukungan yang optimal dari para pemangku kepentingan (stakeholders). Berdasarkan observasi awal, rendahnya kinerja pelayanan lebih disebabkan oleh belum optimalnya motivasi karyawan, rendahnya kompetensi karyawan, rendahnya kepemimpinan transformasional dan komunikasi karyawan hotel bintang 3, 4, dan 5 di Bandung Raya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh peran Motivasi karyawan, kompetensi karyawan, kepemimpinan transformasional, komunikasi internal terhadap budaya organisasi serta pengaruhnya terhadap kinerja pelayanan di hotel bintang 3,4, dan 5 di Bandung Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Metode analisis data menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan hotel sebanyak 9.459 karyawan pada level craft dan level pimpinan (Manager hotel) bintang 3, 4 dan 5 di Bandung Raya dan diambil sampel sebanyak 210 karyawan. Hasil penelitian diperoleh pengaruh motivasi karyawan terhadap budaya organisasi lebih rendah dibandingkan dengan pengaruh dari kompetensi karyawan, kepemimpinan transformasional dan komunikasi internal. Pengaruh yang paling kuat terhadap budaya organisasi di hotel bintang 3, 4, dan 5 adalah kompetensi karyawan; sedangkan pengaruh keseluruhan dari motivasi karyawan, kompetensi karyawan, kepemimpinan transformasional dan komunikasi internal secara bersama sama terhadap budaya organisasi cukup dominan sehingga pengaruh lainnya dari faktor faktor yang tidak diteliti tidak terlalu besar. Pengaruh budaya organisasi terhadap Kinerja Pelayanan juga menunjukkan hasil yang dominan dengan kontribusinya besar artinya agar kinerja pelayanan hotel bintang 3, 4, dan 5 di Bandung Raya ini meningkat atau naik maka seharusnya lebih memperhatikan budaya kuallitasnya. Kata kunci: motivasi karyawan, kompetensi karyawan, kepemimpinan transformasional, komunikasi internal, budaya organisasi dan kinerja pelayananan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 03 Apr 2017 03:18
Last Modified: 03 Apr 2017 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27121

Actions (login required)

View Item View Item